Area Baca

6/07/2013

Contoh dan Pengertian Aktiva (Assets)

Aktiva adalah sumber kekayaan atau sumber ekonomi perusahaan yang dapat berwujud barang, uang dan hak-hak yang mendapat jaminan oleh undang-undang maupun pihak-pihak tertentu yang diperoleh dari transaksi atau peristiwa masa lalu. Yang termasuk ke dalam aktiva adalah biaya yang belum dibebankan pada periode bersangkutan, melainkan akan dibebankan di periode yang akan datang. Beberapa bentuk aktiva diantaranya:

1.   Aktiva lancar

Aktiva lancar adalah uang kas atau aktiva-aktiva lain dan sumber-sumber yang diharapkan dapat direalisasikan menjadi uang kas.

2. Investasi jangka panjang

Investasi jangka panjang bertujuan untuk tidak dicairkan menjadi uang kas dalam satu periode satu tahun atau dalam operasi normal perusahaan. Surat berharga, obligasi dan penyisihan dana adalah beberapa bentuk contoh invetstasi jangka panjang.

3.   Aktiva tetap berwujud

Aktiva tetap adalah aktiva yang umur pemanfaatannya lebih dari satu tahun dan sifatnya relatif tetap. Contohnya gedung, tanah, peralatan kantor, mesin, kendaraan, dll. Kecuali tanah, aktiva tetap dalam pemanfaatannya secara bertahap akan mengalami penyusutan atau berkurang nilai kegunaannya.
4.   Aktiva tetap tak berwujud

Aktiva tetap tidak berwujud adalah hak-hak istimewa yang sifatnya tidak berwujud yang menguntungkan perusahaan dalam memperoleh pendapatan. Contohnya hak paten, goodwill, hak cipta, merk dagang, dll.

5.   Aktiva lain-lain

Aktiva yang tidak bisa dikelompokan ke dalam kriteria di atas, contohnya piutang jangka panjang, bangunan dalam pengerjaan, mesin yang tidak dipakai, uang muka kepada pejabat perusahaan, titipan kepada penjual untuk menjamin kontrak, dan tanh yang tidak dijadikan tempat usaha.