Area Baca

6/12/2013

Definisi Inovasi Pendidikan

Perkembangan masyarakat dengan di iringinya perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin pesat menghasilkan beberapa inovasi di berbagai bidang. Kemajuan akan kualitas pendidikan pada saat ini harus sangat di perhatikan. Peningkatan kualitas pendidikan ini tidak akan dapat berjalan tanpa adanya inovasi pendidikan.

Ada pun yang ingin dicapai melalui inovasi-inovasi dalam pendidikan tersebut, adalah perubahan dalam situasi belajar yang menyangkut pada kurikulum, usaha untuk merubah proses pembelajaran yang tidak selalu monoton, dalam fasilitas belajar mengajar serta peningkatan mutu profesional para guru. Selain itu hal yang ingin dicapai melalui inovasi pendidikan tersebut juga meliputi sistem administrasi dan manajemen pendidikan secara keseluruhan yang ada hubungannya dengan kebijakan nasional.

Inovasi pendidikan tersebut merupakan upaya dasar untuk memperbaiki aspek-aspek pendidikan dalam prakteknya. Berikut adalah pendapat beberapa pakar tentang inovasi pendidikan :

1. Ibrahim mendefinisikan bahwa inovasi pendidikan adalah inovasi (pembaharuan) pada bidang pendidikan atau inovasi yang dilakukan untuk memecahkan berbagai masalah pendidikan. Jadi, inovasi pendidikan merupakan suatu gagasan (ide), metode atau barang yang dianggap sebagai hal baru bagi individu atau kelompok masyarakat baik berupa hasil invensi atau diskoveri yang dimanfaatkan dalam pencapaian tujuan pendidikan atau untuk memecahkan berbagai masalah pendidikan.

2. Hamijoyo mengemukakan bahwa inovasi pendidikan adalah suatu perubahan yang baru dan kualitatif yang berbeda dari hal yang ada sebelumnya serta di sengaja untuk diusahakan dalam meningkatkan kemampuan guna mencapai tujuan tertentu dalam pendidikan.

Dari kedua pendapat pakar mengenai inovasi pendidikan tersebut, dapat disimpulkan bahwa inovasi pendidikan, adalah ide, barang, metode yang dirasakan atau diamati sebagai hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat) yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu dalam pendidikan atau memecahkan masalah-masalah pendidikan.

Inovasi pendidikan menurut Tilaar harus didukung oleh kesadaran masyarakat untuk menuju perubahan. Karena apabila suatu masyarakat tersebut belum berkehendak dalam suatu sistem pendidikan yang diinginkannya, maka suatu perubahan atau inovasi pendidikan tidak akan mungkin terjadi. Namun, apabila masyarakat tersebut telah merasakan bahwa inovasi pendidikan merupakan suatu keharusan dan hal yang penting, maka hal tersebut akan melahirkan pemikiran-pemikiran dan pelaksanaan inovasi pendidikan.