Area Baca

6/27/2013

Masalah Pendidikan Islam

Pendidikan merupakan peran yang sangan penting dalam kehidupan manusia bahkan tidak dapat dipisahkan dari keseluruhan proses kehidupan manusia. Kebutuhan manusia akan pendidikan telah bersifat mutlak di dalam kehidupan dirinya sendiri, keluarga dan masyarakat, serta bangsa dan negara. Jika sistem pendidikan yang terapkan berfungsi secara baik dan optimal maka akan tercapailah kemajuan yang telah di cita-citakan, akan tetapi sebaliknya apabila proses pendidikan yang dijalankan tersebut tidak berjalan secara baik maka bisa di pastikan apa yang telah di citakan tidak akan bisa tercapai.

Banyak sekali bidang-bidang di dalam pendidikan salah satunya adalah Pendidikan Islam. Pendidikan islam itu sendiri merupakan suatu sistem kependidikan yang mencakup seluruh aspek kehidupan yang dibutuhkan oleh hamba Allah, sebagaimana yang telah kita ketahui bahwasannya Islam telah menjadi pedoman bagi seluruh aspek kehidupan manusia, baik duniawi maupun ukhrawi. Ada pun tujuan dari pendidikan islam itu sediri itu adalah untuk menimbulkan pertumbuhan yang seimbang dari kepribadian total manusia melalui latihan spiritual, rasional diri dan intelektual.

Akan tetapi banyak sekali masalah pendidikan islam yang terjadi saat ini, mengingat dengan perkembangan zaman yang terus melejit secara pesat tentunya mempengaruhi di dalam pendidikan islam. Berikut adalah masalah pendidikan islam :

1. Kualitas pendidikan yang rendah
Seperti yang telah kita ketahui di era saat ini pendidikan telah terjadi pergeseran paradigma tentang keunggulan suatu Negara, dari keunggulan komparatif (Comperative adventage) kepada keunggulan kompetitif (competitive advantage).

2. Kurangnya profesionalisme guru
Tenaga pengajar atau yang biasa kita sebut guru merupakan salah satu komponen yang berperan penting dalam kegiatan pendidikan dan proses pembelajaran. Dengan seiringnya berkembangnya zaman terlebih lagi pendidikan di bantu dengan kecanggihan teknologi, membuat guru-guru yang mendidik ini kurang terlatih atau guru-guru tersebut ini melenceng jauh dari backgroundnya. Maka dari itu sangat banyak guru-guru yang tidak kurang profesioanal.

3. Perubahan kebudayaan
Lagi-lagi di pengaruhi oleh perkembangan zaman, pastilah kebudayaan-kebudayaan bangsa lain tidak akan terlepas mempengaruhi kebudayaan yang sudah ada. Hal tersebut menyebabkan timbulnya proses alkulturasi atau pertukaran dan saling berbaurnya antara kebudayaan yang satu dengan yang lainnya. Pertukaran kebudayaan inilah yang menjadi masalah utama dari pendidikan islam karena dengan adanya alkulturasi sangat memmudahkan masuknya pengaruh-pengaruh negatif bagi kebudayaan, moral dan juga akhlak atau kepribadian sang anak.