Area Baca

7/02/2013

Cara Belajar Cepat

Belajar sudah menjadi kewajiban bagi siapapun khususnya bagi pelajar. Belajar adalah usaha untuk meraih perubahan di dalam diri yang ditandai dengan bertambahnya pengetahuan dan pemahaman terhadap suatu hal. Belajar merupakan perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau hasil dari latihan yang telah diperkuat.

Seseorang dianggap sudah belajar apabila dia bisa menunjukkan perubahan pada perilakunya. Dalam belajar hal yang paling penting adalah input dalam bentuk stimulus dan output dalam bentuk respon. Stimulus merupakan apa saja yang telah diberikan seorang guru pada muridnya dan respon adalah tanggapan murid terhadap stimulus yang diberikan.

Teknologi yang semakin maju mendorong ditemukannya metode mutakhir dan alami untuk merangsang sel otak untuk belajar yaitu dengan mendengarkan suara-suara dengan frekuensi tertentu. Sebuah penelitian menyatakan bahwa frekuensi suara tertentu bisa menstimulasi setiap sel otak dan mengaktifkan lagi sel otak yang sudah lama tidak digunakan. Sebuah cara yang unik namun bisa dicoba sebagai cara belajar cepat.

Walaupun kita tidak bisa mengetahui sel otak mana yang mati namun kita bisa menganalisanya dari perilaku anak. Secara umum kita bisa menilai dan membedakan mana orang yang berpendidikan dan tidak berpendidikan dari perilaku sehari-hari. Apabila perilaku belajar pada anak kurang maka bisa dipastikan ada sesuatu yang kurang di dalam otak anak tersebut.

Cara belajar cepat sambil mendengarkan suara-suara dengan frekuensi memiliki efek yang instant dalam arti menstimulasi sel otak secara langsung. Namun beberapa lama sel otak akan benar-benar aktif secara permanen tergantung kondisi otak masing-masing individu. Tentu anda pernah mendengar informasi bahwa bayi sejak di dalam kandungan didengarkan dengan musik klasik maka bisa meningkatkan kecerdasan. Mungkin anda juga pernah menemukan seseorang yang masih muda namun daya ingatnya sudah menurun. Hal tersebut kerena ada perubahan dalam sel otak.

Metode menggunakan frekuensi suara sebagai cara belajar cepat ini tidak menggunakan musik klasik namun menggunakan nada dan suara yang didesain sedemikian rupa dibuat khusus untuk menstimulasi sel otak. Stimulasi ini agar kemampuan otak kembali berfungsi atau untuk mempertahankan bahkan memaksimalkan fungsi otak.

Metode belajar ini bisa membantu anak agar belajar lebih cepat dalam menerima pelajaran. Metode ini bisa dipakai oleh anak-anak dalam semua umur. Untuk anak SD, SMP atau SMA bahkan untuk mereka yang sudah berada di bangku universitas juga bisa menggunakan metode ini.

Anak-anak akan lebih mudah mengfahal rumus, kosakata dan berbagai teori. Mereka juga tidak akan kesulitan dalam memahami suatu teori yang dijelaskan oleh pengajar mereka. Namun sebenarnya belajar yang efektif adalah belajar secara rileks sehingga otak bisa menerima pelajaran dengan baik.