Area Baca

7/01/2013

Definisi Filsafat

Kata filsafat berasal dari bahasa yunani yaitu Philosophia, philia memiliki arti cinta sedangkan Sophia berati ilmu atau kebijakan, bisa di katakana filsafat adalah mencintai suatu ilmu atau pun kebijakan. Secara umum definisi filsafat adalah ilmu yang mempelajari tentang segala sesuatu fenomena kehidupan manusia dan juga pemikiran manusia yang kritis setelah itu di jabarkan kedalam konsep yang mendasar.

Eksperimen atau percobaan tidak bisa dilakukan dalam mempelajari filsafat, karena pemutaran argument untuk mencari berbagai solusi adalah yang di pakai untuk mempelajari filsafat. Filsafat memiliki beragam macam bentuk, berikut adalah macam-macam dari bentuk filsafat :

1. Filsafat oral
Filsafat oral adalah jenis filsafat tertua.

2. Filsafat sebagai puisi
Filsafat sebagai puisi ini memiliki daya tarik tersendiri bagi banyak orang. Namun, ide-ide dari filsafat puisi ini tidak bisa di nyatakan secara jelas, hal tersebut di karenakan filsafat ini menggunakan metafora.

3. Filsafat sebagai dialog
Filsafat dialog ini bisa di gunakan secara lisan atau pun secara tertulis.

4. Filsafat dinyatakan sebagai esai
Esai atau essayer berasal dari bahasa perancis yang artinya untuk mencoba. Halangan dari filsafat esai ini adalah kenyataan betapa sulitnya dalam memisahkan dari bentuk-bentuk esai tersebut.

5. Filsafat sebagai jurnal
Filsafat jurnal ini adalah filsuf yang memberikan refleksi pada pengalaman pribadinya, filsafat ini mnggunakan bahasa yang abstrak serta berhubungan bukan dunia manusia.

6. Filsafat dalam surat
Filsafat dalam surat ini memanglah bukan sebuah surat yang biasa karena di dalam surat ini filsuf mengekspresikan ide-ide filosofis yang tidak dapat di pisahkan dan juga tidak dapat di abaikan dari ajaran filsuf tersebut.

7. Filsafat sebagai pepatah
Filsafat pepatah ini memiliki ekspresi aforisme dengan nilai satra yang cukup besar, maka tidak heran jika para filsuf ini menggunakan filsafat ini.

8. Filsafat sebagai suatu sistem
Filsafat sistem ini merupakan kebalikan dari filsafat pepatah. Filsafat sebagai suatu sistem ini bentuk filsafat yang menangkap esendi dari filsafat tersebut.