Area Baca

7/13/2013

Guru Profesional

Guru adalah tenaga pendidik yang mengabdi pada sistem negara. Guru merupakan tenaga yang menentukan nasib maju atau mundurnya suatu negara. Guru juga bertugas untuk mewariskan kebudayaan yang menentukan komponen kualitas sumber budaya manusia. Tidak cuma itu, guru juga sebagai agen penggerak supaya bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat menjadi lebih baik. Guru adalah tenaga pertama yang akan mencetak anak bangsa agar tercipta sumber daya berkualitas.

Seorang guru akan selalu menjadi panutan anak didiknya. Murid akan menuruti apa yang telah diajarkan oleh gurunya. Sudah sepatutnya bahwa guru harus senantiasa memiliki kemampuan dan keahlian dalam mengatur dan membimbing atau mengarahkan anak didiknya. Guru yang memiliki kemampuan seperti itu yang dikatakan sebagai guru profesional.

Seorang guru profesional harus bisa mengelola dirinya sendiri dalam tugas sehari-hari. Profesionalisasi guru merupakan salah satu proses pergerakan dari ketidak tahuan menjadi tahu atau dari ketidak matangan menjadi matang dari yang diarahkan oleh orang lain menjadi mengarah ke diri sendiri. Untuk meningkatkan mutu pendidikan yang berbasis sekolah mempunyai isyarat adanya guru yang mempunyai pengetahuan yang luas serta kematangan dan mampu menggerakan dirinya sendiri untuk meningkakan mutu pendidikan.

Jika guru mampu mengelola dirinya sendiri maka diapun mampu mengelola orang lain demikian juga sebaliknya. Guru yang bisa mengelola dirinya sendiri maka dia akan mampu mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. Seorang profesional adalah jika dia mempunyai kemampuan dan motivasi.

Seseorang akan bekerja profesional jika memiliki kemampuan kerja yang tinggi serta kesungguhan hati untuk mengerjakan dangan baik. Guru akan bekerja profesional jika dia memiliki kemampuaan tinggi atau motivasi tinggi. Pernyataan yang sangat tepat apabila seseorang dengan kemampuan yang tinggi namun tidak disertai dengan motivasi yang tinggi maka tidak akan ada hasilnya.

Walaupun banyak teori yang menjelaskan tentang arti dari guru profesional namun di dalam kaitan implementasi dengan peningkatan mutu pendidikan adalah yang berdasarkan pada teori-teori tersebut. Dapat disimpulkan bahwa guru yang profesional adalah guru yang mempunyai visi serta misi yang tepat dan inovatif.