Area Baca

7/01/2013

Mengasah Otak dengan Permainan Scrabble

Pada dasarnya, otak manusia sangat mudah sekali untuk terkelabui dengan proses yang ada, sehingga otak dapat mempengaruhi hasil akhir yang dicapai. Mengasah otak adalah cara untuk meningkatkan kualitas kecerdasan dan pikiran dari seseorang. Biasanya anak-anak yang sedang tumbuh berkembang butuh sekali untuk mengasah otak mereka sebab anak-anak yang sedang tumbuh berkembang mudah sekali untuk di asah otaknya, maka dari itu anak-anak yang sedang tumbuh berkembang itu hendaknya di suguhi dengan media-media untuk membantu mengasah otak.

Salah satu media untuk mengasah otak adalah Scrabble. Scrabble adalah sebuah media yang berbentuk mainan dengan fungsi untuk mengasah otak atau menstimulasi perkembangan pada otak. Scrabble ini merupakan permainan berbentuk papan dan cara bermainnya dengan menyusun kata yang dapat di mainkan oleh 2 orang sampai dengan 4 orang, peraturan dari permainan ini yaitu mengumpulkan poin berdasarkan dengan nilai kata yang di bentuk dari keepingan huruf di atas papan permainan yang berkotak-kotak terdiri dari 15 kolom dan juga 15 baris.

Biji dari permainan tersebut berupa keping yang berbentuk bujur sangkar dengan bertuliskan huruf di setiap salah satu sisinya. Ada tujuh huruf di dalam permainan ini, perintahnya kita harus menyusun kata secara mendatar atau pun menurun. Total poin yang tertinggi itulah yang akan menjadi pemenang dalam permainan ini.

Selain dapat mengasah otak ternyata permainan scrabble memiliki banyak manfaat, diantaranya:

1. Strategi
Pemain Scrabble ini melatih kita untuk mencari prediksi-prediksi yang harus di putuskan, sebab dalam permainan ini kita harus menentukan langkah mana yang harus kita ambil untuk mendapatkan gelar juara dalam permainan ini.

2. Berhitung cepat
Permainan Scrabble pun melatih kita untuk dapat berhitung dengan cepat, karena permaian ini menuntut kita untuk dapat menghitung nilai dari setiap langkah yang kita ambil, jadi semakin besar nilai yang kita dapat maka akan kita memenangkan permainan tersebut.

3. Meningkatkan daya ingat
Permainan ini pun akan membantu kita untuk meningkatkan daya ingatan kita, sebab di dalam permainan ini kita sangat di tuntut untuk dapat mengingat sebanyak mungkin vocabulary berbahasa Inggris untuk dimainkan.