Area Baca

8/16/2013

Data Penelitian Kuantitatif

Data penelitian kuantitatif merupakan penelitian ilmiah yang disusun secara sistematis pada bagian serta fenomena dan hubungannya. Tujuan dari penelitian kuantitatif adalah untuk mengembangkan serta memakai model-model matematis, dan teori-teori hipotesis mengenai fenomena alam. Proses pengukuran merupakan bagian yang utama dalam penelitian ini sebab hal ini memberikan hubungan fundamental antar pengamatan empiris serta ekspresi matematis yang berasal dari hubungan-hubungan kuantitatif. Penelitian kuantitatif sangat banyak dipakai terutama dalam ilmu alam ataupun ilmu sosial seperti fisika dan biologi sampai sosiologi sampai jurnalisme. 

Pendekatan ini juga dimanfaatkan sebagai cara untuk menyelidiki berbagai aspek dari ilmu pengetahuan. Istilah penelitian kuantitatif biasanya digunakan dalam ilmu sosial untuk membedakannya dari penelitian kualitatif. Penelitian kuantitatif merupakan definisi, pengukuran data kuantitatif serta statistik objektif lewat perhitungan ilmiah berdasarkan dari contoh masyarakat / penduduk yang diwawancarai untuk menjawab beberapa pertanyaan tentang survey yang akan menentukan frekuensi serta presentase tanggapan mereka. 

Misalnya 240 orang, 80% dari populasi sampel, mengatakan bahkan mereka percaya terhadap diri mereka sendiri masa depan mereka mulai setahun yang lalu sampai hari ini. Menurut ketentuan ukuran contoh statistik yang berlaku, jadi 80% dari penemuan bisa diproyeksikan ke semua populasi dari sampel tadi yang sudah dipilih. Pengambilan data ini biasanya disebut dengan survey kuantitatif / penelitian kuantitatif.

Ukuran sampel untuk penelitian survey oleh statistik dihitung menggunakan rumusan untuk mendapatkan hasil seberapa besar ukuran dari sampel yang dibutuhkan dari suatu populasi sehingga mencapai hasil dengan level akurasi yang bisa diterima. Biasanya, para peneliti memilih ukuran sampel yang bisa menghasilkan temuan minimal 95% level keyakinan ( yang artinya bahwa bila anda survey dan diulang sebanyak 100 X, 95 X dari seratus tadi anda akan memperoleh respon yang sama ) serta plus atau minus 5% poin margin dari kekeliruan. Banyak survey sampel yang dirancang untuk memperoleh margin yang lebih sedikit dari kesalahan. Beberapa survey dengan lewat pertanyaan tertulis serta tes, karakteristik yang sesuai untuk menentukan metode serta teknologi untuk mengumpulkan data dari berbagai macam sumber survey. Namun metode survey memiliki sifat teknis, sehingga topik lain tidak tercakup ke dalam cakupan ini.