Area Baca

8/23/2013

Fokus Penelitian

Fokus penelitian merupakan pemusatan konsentrasi terhadap tujuan penelitian yang sedang dilakukan. Fokus penelitian harus diungkapkan secara eksplisit untuk mempermudah peneliti sebelum melaksanakan observasi. Fokus penelitian adalah garis besar dari penelitian, jadi observasi serta analisa hasil penelitian akan lebih terarah. Dalam menentukan fokus, anda harus menyertakan syarat-syarat sebagai berikut :
  • Harus fleksibel, yaitu masalah tersebut dapat diteliti, dan dapat dilakukan dengan cara yang efisien. 
  • Harus jelas, yaitu bahwa semua orang memiliki pemahaman yang sama sesuai dengan rumusan masalah tersebut. 
  • Harus signifikan, yaitu bahwa hasil kajiannya tersebut memberi kontribusi yang riil terhadap pengembangan ilmu, masalah kemanusiaan lain / perumusan kebijakan. 
  • Harus etis, yaitu kajian serta hasil-hasilnya tidak bertujuan untuk menghujat / menistakan orang lain. 
Penelitian adalah kegiatan untuk menguji hipotesis, yakni menguji kecocokan antara teori dan fakta empirik dalam dunia nyata. Hubungan nyata ini sering dibaca serta dipaparkan dengan berlandaskan kepada variabel, sedangkan hubungan nyata sering dibaca dengan memperhatikan informasi tentang variabel tersebut. Variabel merupakan suatu istilah yang bisa diberi nilai angka ( kuantitatif ) / nilai mutu ( kualitatif ).

Variabel adalah pengelompokan secara logika dari 2 / lebih atribut obyek yang diteliti. Dalam hal ini atribut seperti : tidak tamat SD, tidak sekolah, tidak tamat SMP. Jadi variabelnya merupakan tingkat pendidikan yang berasal dari obyek penelitian tersebut. Variabel tingkat pendidikan mencakup seluruh atribut tadi. Variabel adalah sebuah sebutan yang berasal dari2 kata yaitu vary dan able, artinya yakni berubah dan dapat. Sehingga kata variabel memiliki arti dapat berubah.

Dengan demikian setiap variabel bisa diberi nilai, dan nilai tersebut berubah-ubah. Nilai tersebut berupa nilai kualitatif / kuantitatif. Ukuran kualitatif / kuantitatif sebuah variabel adalah pada jumlah serta derajat atributnya. Dilihat dari segi poinnya, variabel dibedakan menjadi 2, yakni variabel kontinu serta variabel diskrit. Variabel diskrit memiliki nilai kuantitas yang selalu berupa angka bulat, namun variabel kontinu mempunyai nilai kuantitas yang berupa pecahan.

Itu tadi ulasan singkat mengenai fokus penelitian yang dapat anda pelajari sehingga menambah wawasan anda mengenai hal ini. Semoga artikel ini berguna.