Area Baca

8/02/2013

Penelitian Dasar

Penelitian dasar atau juga bisa disebut dengan penelitian murni atau pokok ini merupakan suatu penelitian yang memang diperuntukkan bagi seorang pengembang suatu ilmu pengetahuan dan juga diarahkan kepada pengembangan teori yang ada maupun menemukan teori yang baru.

Seorang peneliti yang melakukan sebuah penelitian dasar mempunyai tujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan tanpa perlu memikirkan pemanfaatannya secara langsung dari hasil suatu penelitian tersebut. Karena penelitian dasar biasanya justru akan memberikan kontribusi besar terhadap pengembangan dan juga pengujian teori yang hendak mendasari penelitian terapan. Jadi penelitian dasar akan lebih diarahkan untuk menjelaskan, mengetahui dan memprediksi fenomena sosial maupun alam.

Hasil dari penelitian dasar yang dilakukan barangkali belum bisa dimanfaatkan langsung, namun hal itu sangat berguna bagi kehidupan yang lebih baik lagi. Sementara tujuan dari dilakukannya penelitian dasar yaitu untuk menambah pengetahuan dengan menggunakan hukum ilmiah, prinsip dasar dan juga untuk meningkatkan pencarian serta metodologi ilmiah. Untuk tingkat generalisasi dari hasil penelitian dasar itu lebih bersifat umum dan abstrak serta bisa berlaku secara universal.

Suatu penelitian dasar memang tidak diarahkan untuk memecahkan atau menyelesaikan permasalahan praktis, melainkan prinsip yang bisa dihasilkannya bisa menjadi dasar pemecahan masalah praktis atau dengan kata lain hasil dari penelitian dasar bisa mempengaruhi kehidupan praktis. Misalnya penelitian dasar yang erat kaitannya dengan bidang pendidikan yaitu penelitian di dalam bidang psikologi yang di dalamnya berisi penelitian mengenai faktor-faktor yang bisa mempengaruhi perilaku dan sikap manusia. Dan hasil dari penelitian tersebut biasa digunakan untuk landasan dalam melakukan pengembangan sikap untuk bisa merubah perilaku dengan melalui proses pendidikan atau pembelajaran.

Penelitian dasar atau yang disebut basic research ini dilakukan untuk memperluas batasan dari ilmu pengetahuan. Jadi penelitian dasar ini bukanlah ditujukan langsung demi mendapatkan solusi bagi suatu permasalahan, akan tetapi penelitian dasar dilaksanakan untuk memverifikasi teori yang telah ada atau bisa juga mengetahui lebih jauh mengenai sebuah konsep. Sehingga pertama kali yang harus dilakukan di dalam penelitian dasar yaitu menguji konsep atau melakukan hipotesis awal dan selanjutnya membuat kajian yang lebih dalam serta kesimpulan mengenai fenomena yang telah diamati. Pada dasarnya penelitian dasar dibedakan berdasarkan pendekatan yang digunakan dalam pengembangan teori, diantanya adalah :
  • Penelitian deduktif
Penelitian ini bertujuan untuk menguji teori dalam keadaan tertentu.
  • Penelitian induktif
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan hipotesis atau teori dengan cara mengungkap fakta yang ada.