Area Baca

8/13/2013

Topik Penelitian

Darimanapun sumber inspirasi dalam menentukan topik diperoleh, keputusan serta penentuan akhir terdapat pada diri anda sendiri. Dengan demikian, sebelum topik ditentukan, anda harus terlebih dulu mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut :

1. Manageable topic ( memiliki kesanggupan dan menguasai pokok masalah ) = ada sedikit saran yang sangat baik kita dalami yakni ‘ jangan mencoba melakukan hal yang ada di luar kemampuan diri sendiri. Oleh sebab itu, perhatikan hal-hal dibawah ini :
  • Apakah latar belakang dari pengetahuan, kemampuan, dan kecakapan diri sendiri, telah cukup untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan topik yang akan dilaksanakan.
  • Apakah dana dan waktu sudah dipikirkan secara matang dan mencukupi ?
  • Apakah topik tersebut bisa mendapat pembimbing / konsultan dengan mudah ?
  • Apakah tidak ada halangan dari pihak lain, mengenai topik tersebut? 
Suatu penelitian tidak bisa berhasil dengan maksimal jika anda tidak memiliki bekal pengetahuan serta kecakapan tentang cara mencari dan mengolah informasi yang sudah terkumpul.

2. Obtanable data ( mendapatkan data ) = suatu topik yang baik belum bisa menjadi jaminan bahwa datanya yang tersedia sudah mencukupi dalam penelitiannya, sebab data sangat diperlukan, terutama untuk mengembangkan serta menguji hipotesis. Selanjutnya untuk menguji hipotesis juga tidak mengacu pada data semata, namun juga memerlukan referensi seperti buku, majalah, koran, buletin dan lain sebagainya yang sangat diperlukan sekali. Selain itu juga perlu untuk menguji kebenaran dari hipotesis, maka peneliti wajib pergi ke lapangan. Oleh karena itu, maka buku bacaan serta teknik pengumpulan informasi yang valid dan reliable, wajib dikuasai dengan baik, diluar faktor lain, seperti : faktor pribadi dan faktor lainnya, jadi faktor ini harus memperoleh perhatian khusus dari peneliti sendiri.

3. Significance of topic ( maksud, berarti ) = dalam hal ini ada beberapa yang perlu diperhatikan yakni :
  • Dapatkan pembahasan topic itu memberikan sumbangan yang berarti untuk perkembangan iptek yang telah ada ?
  • Mungkinkah penelitian itu merupakan pengecekan kembali dari penelitian yang pernah dilakukan peneliti ?
  • Apakah topik itu benar-benar perlu diteliti sebab memiliki manfaat yang praktis bagi warga masyarakat ?