Area Baca

1/31/2014

Manfaat Membaca

Manfaat membaca sangat penting bagi kelangsungan kehidupan yang semakin maju. Membaca menjadi salah satu aspek penting pembelajaran yang paling utama dipelajari. Membaca disini bukan saja tentang huruf ataupun angka, namun juga simbol, gambar dan juga isyarat. Contoh membaca dengan simbol ialah ketika berada dijalan raya dan sedang mengendarai mobil, maka akan ada beberapa simbol yang menunjukkan apakah ada aturan pada lalu lintas yang harus ditaati. 

Selain itu membaca juga kemampuan melihat dunia dengan berbagai aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Mulai dari membaca buku-buku yang harus dipelajari ketika sekolah, membaca Koran yang setiap hari diterbitkan untuk melihat berbagai kejadian dan peristiwa mulai dari ekonomi, politik hingga budaya yang ada di negara. Meskipun saat ini teknologi sudah semakin canggih dengan adanya bantuan radio dan televisi, namun membaca pun juga wajib dipahami agar dapat melihat berbagai tulisan penting di dalam televisi tersebut.
Mungkin pada zaman dahulu manfaat membaca bukanlah suatu hal yang sangat penting untuk diketahui, karena zaman dahulu yang dipikirkan hanyalah bagaimana cara untuk hidup dengan bantuan tumbuh-tumbuhan serta hewan. Namun karena saat ini zaman sudah semakin canggih, maka membaca harus dipelajari oleh semua orang agar tidak tertinggal zaman dan mengerti tentang keadaan saat ini yang sedang terjadi. 

Ternyata membaca memiliki manfaat yang penting bagi tubuh, yakni jika seseorang rajin dalam membaca, maka dapat terhindar dari suatu kerusakan pada jaringan otak ketika datang masa tua, selain itu juga untuk orang yang sering membaca akan meningkatkan pertumbuhan saraf baru didalam otak. Hal ini telah diungkapkan oleh pakar ahli masalah otak. Untuk hal yang umum, manfaat jika membaca buku secara terus menerus akan menambah wawasan, kosakata dan pengetahuan. Sehingga mudah memahami makna didalam kata-kata yang ada. Bagi yang menyukai hal-hal baru, dengan membaca juga dapat membangun suatu karya inovasi yang menjadikan keterampilan sebagai kreativitas yang menguntungkan bagi diri sendiri dan dunia.
Manfaat membaca dapat meningkatkan gagasan serta usaha kreatif yang membuat banyak ide untuk mendapatkan sesuatu yang baru dengan hasil karya sendiri. Membaca juga dapat menjadikan seseorang untuk berintrospeksi tentang dirinya sendiri dengan mengajukan pertanyaan yang dijawabnya sendiri.