Area Baca

1/23/2014

Mengenal Belajar dan Pembelajaran

Belajar dan Pembelajaran - Pada ulasan berikut ini kita akan membahas bersama-sama tentang apa yang dimaksud dengan belajar dan pembelajaran. Jadi karena sedemikian menariknya artikel ini maka penting bagi anda untuk menyimaknya dengan seksama.

Belajar merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk mempelajari, mengerti dan memahami tentang sesuatu. Belajar ini dapat dilakukan oleh seseorang dimanapun mereka berada baik di lingkungan formal maupun di lingkungan non formal. Intinya belajar ini adalah ketika seseorang melakukan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk mengetahui dan memahami tentang sesuatu dan setiap orang pasti membutuhkannya dalam menjalani hidup dan kehidupannya.

Sedangkan pembelajaran merupakan sebuah kegiatan belajar mengajar yang di dalamnya terdapat komponen yang saling mempengaruhi satu sama lain. Ketiga komponen utama dalam proses pembelajaran tersebut adalah adanya seorang peserta didik, tenaga pendidik dan bahan ajar. Tanpa ada satu dari ketiga komponen utama ini maka proses pembelajaran pun akan kurang dapat berjalan dengan maksimal. Proses pembelajaran ini dapat berjalan degan baik apabila telah dipenuhi oleh faktor-faktor yang melengkapinya seperti halnya:
  1. Peserta didik. Sebuah pembelajaran tentulah harus ada peserta didik. Dalam pembelajaran modern saat ini seorang peserta didik bukan hanya menjadi objek saja tetapi lebih dari itu terkadang mereka pun dituntut untuk menjadi subjek dan berperan aktif.
  2. Selanjutnya adalah bahan ajar. Ini merupakan materi-materi pembelajaran yang harus disampaikan oleh tenaga pendidik. Baik yang merupakan materi pembelajaran akademis maupun yang non akademis.
  3. Tenaga pendidik. Seorang tenaga pendidik haruslah memiliki kecakapan khusus dalam bidang pembelajaran. Mereka harus menguasai pelajaran yang ingin mereka ajarkan serta mereka juga harus menguasai model, strategi, teknik dan hal yang lain yang berkaitan dengan jalannya pembelajaran.
  4. Media pembelajaran. Peran media saat ini dalam sebuah pembelajaran memegang peranan yang tak kalah penting. Di jaman yang serba modern seperti sekarang ini, banyak perangkat teknologi yang dapat kita gunakan untuk mengembangkan dan memudahkan jalannya proses pembelajaran.
Dan demikianlah beberapa penjabaran yang dapat saya berikan terkait dengan belajar dan pembelajaran yang dengannya kita dapat menyimpulkan bahwa sebuah pembelajaran dapat berjalan dengan baik jika unsur-unsur yang terikat di dalamnya mampu kita optimalkan.