Area Baca

1/21/2014

Mengetahui Pengertian Pembelajaran

Pada ulasan berikut ini saya akan menginformasikan kepada anda tentang apa itu pembelajaran. Dan bagaimana cara mendapatkan pembelajaran yang optimal. Tapi sebelum kita membahas lebih lanjut tentangnya maka yang harus kita ketahui terlebih dahulu adalah tentang apa itu belajar?

Belajar merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan seorang individu untuk mengenali dan memahami tentang sesuatu. Setiap individu di dunia ini pasti mengalami apa yang dinamakan belajar karena belajar sangat berperan penting terhadap kematangan yang dimiliki oleh seorang individu. Setiap orang memerlukan belajar untuk mengenali banyak hal semisal tentang bagaimana cara mereka bertahan hidup dan menjalani kehidupannya.

Sedangkan pembelajaran adalah sebuah proses belajar mengajar yang di dalamnya terdapat komponen-komponen yang saling memerlukan antara satu dan lainnya. Komponen-komponen tersebut tak lain adalah adanya tenaga pendidik, peserta didik dan materi pembelajaran. Jika tidak terdapat satu di antara tiga komponen tersebut maka tidak dapat kita katakan sebagai sebuah pembelajaran.

Dewasa ini banyak orang yang tengah gencar untuk menyuarakan aspirasi yang dimilikinya terkait dengan bagaimana cara memperoleh pembelajaran yang lebih maksimal terutama dalam hal ini biasanya disampaikan oleh orang tua peserta didik yang menginginkan anaknya dapat belajar dengan optimal. Tentu saja tanggapan yang paling logis terkait dengan hal tersebut adalah dengan memperbaiki komponen-komponen yang terkait dengan proses pembelajaran seperti tenaga pendidik, peserta didik dan materi pelajaran yang dengannya akan lebih baik jika ditunjang dengan fasilitas pembelajaran yang sesuai.

Dalam menjalankan perannya pada proses pembelajaran seorang tenaga pendidik harus mengetahui dan memahami situasi dan kondisi yang terjadi pada saat proses pembelajaran. Seperti contohnya seorang tenaga pendidik harus mengetahui kapan dirinya harus bersikap aktif memberikan materi pelajaran kepada peserta didiknya dan kapan pula mereka harus memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran dan tenaga pendidik menjalankan fungsinya sebagai fasilitator.

Peserta didik pun demikian. Dalam hal ini orang tua harus mengondisikan anaknya dan memberikan pengarahan terhadap anaknya agar ketika pembelajaran di sekolah berlangsung seorang anak dapat menerima pembelajaran secara optimal.

Dan demikianlah beberapa hal yang dapat saya sampaikan tentang pengertian pembelajaran ini. Semoga dengannya dapat memberikan banyak manfaat kepada anda.