Area Baca

1/31/2014

Pembelajaran Paikem

Membaca sekilas tentang judul dari artikel ini mungkin akan membuat banyak di antara anda yang merasa penasaran. Mungkin akan ada sebuah pertanyaan besar dalam pikiran anda tentang apa itu pembelajaran paikem?  Karena mungkin bagi anda yang orang jawa menganggap selama ini paikem identik dengan nama seorang perempuan jawa. Lalu apakah pembelajaran paikem itu? Apakah pembelajaran menggunakan metode seperti yang digunakan oleh para perempuan jawa pada umumnya?Nampaknya sebelum terlalu jauh anda mengambil kesimpulan maka anda perlu untuk membaca ulasan berikut ini dengan baik. Karena di sini saya akan menjelaskan kepada anda tentang apa sebenarnya metode pembelajaran paikem itu?
 
Pembelajaran paikem merupakan sebuah metode pembelajaran yang dinilai sangat baik untuk diterapkan pada para peserta didik sekarang ini. Metode paikem ini merupakan sebuah singkatan dari pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Metode ini merupakan sebuah racikan yang sangat menarik dalam sebuah kegiatan pembelajaran di era yang semakin modern.

Yang pertama adalah tentang aktif. Baik tenaga pendidik maupun peserta didik dalam sebuah kegiatan pembelajaran dituntut untuk aktif sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan ideal. Lalu tenaga pendidik juga harus kreatif dalam menyampaikan materi-materi pelajaran yang ingin disampaikannya kepada para peserta didik sehingga peserta didik dapat merasa tertarik dan menyimak materi pelajaran dengan baik.
Seorang tenaga pendidik juga harus melakukan inovasi-inovasi baru terkait dengan cara penyampaian bahan pelajaran mereka kepada para peserta didik. Serta melakukan inovasi-inovasi menggunakan media-media pembelajaran yang dapat menarik perhatian para peserta didik. Jadi dengan semakin tenaga pendidik bersikap inovatif maka akan membuat para peserta didik merasa betah ketika dalam kegiatan pembelajaran. Atau dengan kata lain seorang tenaga pendidik harus memaksimalkan setiap hal yang ada dalam lingkungan pembelajaran. Semisal pada saat pembelajaran berlangsung seorang guru harus menguasai situasi dan kondisinya sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan efektif. Terakhir salah satu poin penting dari pembelajaran ini adalah kegiatan pembelajaran yang berlangsung harus dilakukan dengan cara-cara yang menyenangkan baik bagi para peserta didik maupun bagi tenaga pendidik sehingga pembelajaran dapat berlangsung kondusif.

Dan itulah beberapa ulasan yang dapat saya sampaikan tentang pembelajaran paikem ini. Demikian semoga bermanfaat bagi para pembaca.