Area Baca

1/20/2014

Pendidikan dalam Kehidupan Bermasyarakat di Indonesia

Pentingnya pendidikan dalam kehidupan bermasyarakat bisa dikatakan sebagai hubungan simbiosis mutualisme, yaitu dimana masing-masing bisa saling membutuhkan dan saling diuntungkan satu sama lain.  Dalam kehidupan bermasyarakat, pendidikan yang baik sangatlah diperlukan guna memperoleh kehidupan yang lebih baik dimasa mendatang, dan tentunya masyarakat berharap bisa mendapatkan pendidikan  melewati lembaga resmi institusi pendidikan  sehingga harapan hidup yang sempurna bisa terpenuhi.

Agar harapan masyarakat tersebut bisa terwujud, maka lembaga pendidikan tersebut juga membutuhkan peran masyarakat agar pelayanan yang akan diberikan bisa sesuai dengan keinginan mereka. Dapat kita simpulkan bahwa suatu lembaga pendidikan tidak dapat menjalankan perannya tanpa adanya peran masyarakat, dan hal itu pun berlaku sebaliknya, masyarakat tidak akan dapat memenuhi keinginannya untuk mencapai taraf hidup yang sempurna tanpa hadirnya suatu lembaga pendidikan.

Dalam kenyataannya, suatu institusi pendidikan mengalami banyak problematika karena lemahnya manajemen yang ada, yang akhirnya permasalahan ini sering dibebankan kepada masyarakat sebagai pengguna jasa layanan pendidikan, yang sejatinya masyarakat tidak boleh dibebankan dengan masalah tersebut.

Agar suatu lembaga pendidikan bisa diterima ditengah-tengah masyarakat, maka suatu lembaga pendidikan perlu meningkatkan suatu jalinan interaksi yang aktif agar bisa mendapatkan perasaan simpati serta mendapatkan aspirasi dari masyarakat. Selain itu berusaha mengupayakan adanya kerja sama yang baik antar lembaga pendidikan atau sekolah dengan lapisan masyarakat,sehingga akan memudahkan suatu lembaga pendidikan dalam menyukseskan program-program pendidikan yang sudah direncanakan tanpa melalui hambatan yang berarti.

Seluruh tujuan tersebut memiliki nilai sosial yang tinggi, yang bagaimanapun juga akan memberikan efek yang positif bagi kedua belah pihak. Selain itu, bagi masyarakat sendiri akan semakin diuntungkan karena bisa memanfaatkan berbagai keuntungan yang akan didapatkan saat bekerja sama dengan suatu institusi pendidikan.

Memang pada awalnya tidaklah mudah dalam menjalankan semua ini. Butuh perjuangan – perjuangan ekstra dan rasa tak kenal lelah pada awal penyatuan kehidupan pendidikan dengan kehidupan bermasyarakat. Namun pada saat pencapaian sudah memenuhi target, maka akan mudah dalam pelaksanaan kedepannya.
Selain itu, pemerintah juga gencar dalam memperkenalkan program-program studi yang berpihak pada kehidupan bermasyarakat, hal ini menambah nilai tersendiri dimata masyarakat pada kredibilitas suatu pemerintahan.