Area Baca

1/22/2014

Pentingnya Evaluasi Pembelajaran

Pengembangan pembelajaran merupakan hal yang harus terus dilakukan oleh setiap tenaga pendidik agar para peserta didiknya dapat mengikuti setiap proses pembelajaran dengan baik. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa saat ini berbagai perangkat teknologi telah banyak beredar di pasaran yang dengannya menyita banyak waktu setiap orang tak terkecuali bagi para peserta didik. Terkadang memang kehadiran perangkat-perangkat teknologi tersebut dapat memberikan dampak positif dan dapat digunakan untuk menunjang terciptanya proses pembelajaran yang baik, namun tak jarang juga kehadiran perangkat teknologi tersebut memberikan dampak yang buruk karena para peserta didik kurang mendapatkan pembelajaran yang maksimal, atau bisa juga telah mendapatkan pembelajaran yang baik namun kurang memanfaatkan perangkat teknologi sehingga membuat para peserta didik kurang dapat beradaptasi saat mereka menjalani hidup di dunia yang semakin modern. Dan untuk itulah demi terciptanya sebuah pembelajaran yang optimal maka seorang tenaga pendidik penting untuk melakukan proses evaluasi hasil pembelajaran yang mereka lakukan. Mengapa? Untuk mendapatkan keterangan selengkapnya maka anda wajib membaca beberapa ulasan berikut ini.


  1. Evaluasi pembelajaran sangat diperlukan untuk mengetahui perkembangan-perkembangan yang dialami oleh seorang peserta didik. Dengan mengevaluasi pembelajaran di akhir, maka seorang tenaga pendidik dapat menarik banyak sekali kesimpulan penting terutama terkait dengan perkembangan-perkembangan yang bisa dilihat dari seorang peserta didik. Selain itu dengan mengetahui perkembangan peserta didiknya maka tenaga pendidik dapat memetakan bagaimanakah perbandingan perkembangan antara peserta didik yang satu dengan lainnya.
  2. Evaluasi pembelajaran dapat dijadikan sebagai tolak ukur apakah proses pembelajaran yang terjadi selama ini telah belajar dengan maksimal apa belum? Apakah komponen-komponen yang berkaitan seperti halnya tenaga pendidik, peserta didik maupun materi pembelajaran telah dapat menunjang proses pembelajaran secara maksimal? Sehingga jika hal ini dilakukan maka ke depannya seorang tenaga pendidik dapat melakukan hal yang lebih baik.
  3. Perencanaan pembelajaran yang akan datang merupakan salah satu fungsi utama diadakannya evaluasi pembelajaran. Ya dengan mengetahui kelemahan dan kelebihan dari proses pembelajaran yang telah dilakukan maka seorang tenaga pendidik dapat merencanakan pembelajaran yang lebih baik seperti metode, strategi pendidikan dan lain sebagainya.

Dan itulah sedikit penjabaran yang dapat saya sajikan kepada anda,semoga bermanfaat.