Area Baca

1/10/2014

Sistem Pendidikan di Negara Maju

Tidak dapat dipungkiri bahwa pendidikan pada saat ini merupakan suatu tolak ukur pada tingkat kemajuan sebuah bangsa. Menurut laporan pendidikan dunia, pendidikan di Indonesia merupakan yang terbesar ke empat di dunia, namun sayangnya sistem pendidikan yang ada adalah yang terburuk jika dibandingkan dari 50negara lainnya.

Agar tingkat kemajuan pendidikan di negara kita bisa berkembang, alangkah baiknya jika kita melakukan studi pendidikan dengan Negara lain yang jauh lebih maju. Untuk itu kita akan mengambil contoh sistem pendidikan yang ada di Inggris. Nantinya hal ini akan berguna untuk memajukan tingkat pendidikan yang ada saat ini.

Pendidikan sekolah dasar
Di Inggris , anak usia 5tahun sudah diwajibkan untuk memasuki sekolah dasar yang lamanya sekitar 7tahun. Pada tingkat kelas satu sampai kelas enam, lembaga pendidikan di Inggris tidak akan melakukan ujian, sehingga mereka bisa terus naik kelas dan akan mendapatkan ujian hanya pada kelas tujuh. Sistem pengajaran di inggris merupakan pengajaran berbasis kreativitas, yang mana lebih banyak melakukan praktek daripada sekadar menghafal suatu materi.

Pendidikan GCSE atau General  Certificate of Secondary Education
Pendidikan GCSE disebut juga sebagai sekolah menengah atas, namun dimulai pada usia sebelas tahun, dan para siswa akan menghabiskan waktunya selama lima tahun guna menyelesaikan pendidikan pada tahapan ini. Pada saat menempuh pendidikan, maka para siswa akan diwajibkan mempelajari pelajaran inti secara lebih mendalam, dan juga mempelajari minimal satu mata pelajaran bahasa asing.  Pada tahun ke empat para siswa akan dihadapkan pada ujian-ujian yang kita kenal sebagai GCSE. Pengujian akan didasarkan pada subyek yang telah dipilih siswa, biasanya sekitar Sembilan atau sepuluh topik mata pelajaran.

A-Levels pada GCSE
Setelah siswa berhasil menempuh ujian GCSE, maka siswa yang lulus bisa memilih untuk bekerja atau memilih untuk melakukan studi lanjutan. Dalam proses studi lanjutan, maka para siswa diwajibkan belajar lagi kurang lebih selama dua tahun guna mempersiapkan diri untuk menempuh ujian A-Level sebelum ke Perguruan tinggi lanjutan.

Program kesarjanaan
Program Sarjana biasanya akan ditempuh selama tiga tahun dan peserta wajib mengikuti ujian akhir sebelum melanjutkan ke tingkat pasca sarjana atau  PHD.