Area Baca

1/01/2014

Sistem Pendidikan yang ada di Negeri Sakura

Sistem pendidikan yang ada di Jepang atau lebih dikenal sebagai negeri Sakura memeliki beberapa tahapan pendidikan sebagai berikut :

Pendidikan pada masa Prasekolah
Pendidikan pada masa prasekolah memiliki 2 jenis, yaitu Playgroup dan TK. Untuk Playgroup pendaftarannya harus melalui pemerintah setempat karena tempat yang disediakan cukup terbatas, sementara TK bisa dimulai pada usia 3 – 5 tahun dengan lama pendidikan sekitar 1 – 3 tahun, tergantung pada usia berapa siswa didaftarkan.

Pendidikan Wajib untuk sekolah dasar
Pendidikan wajib bagi warga Jepang dimulai pada usia 6 tahun hingga usia 15 tahun.  Pendidikan wajib di Jepang diberikan secara gratis oleh pemerintah setempat. Pembagian pendidikan yang ada di Jepang hampir sama dengan yang ada di Indonesia, yaitu 6 tahun untuk sekolah tingkat dasar dan dilanjutkan selama 3 tahun pada tingkat SMP.

Pendidikan lanjutan di SMA atau Pendidikan Menengah Atas
Pada sekolah lanjutan di tingkat SMA, siswa dapat memilih sekolah Full time ataupun part time tergantung dari kebutuhan. Selain itu juga disediakan pendidikan setara dengan diploma. Di SMA sendiri tingkat kejuruan dibedakan kedalam beberapa kategori seperti perawatan, jurusan umum, perikanan, perdagangan serta perikanan.

Di Jepang, setiap siswa yang ingin melanjutkan ketahap yang lebih lanjut wajib mengikuti ujian masuk, yang mana ujian yang ada ditentukan oleh pihak sekolah yang berwenang.

Pendidikan di Pendidikan Tinggi
Di Jepang lembaga pendidikan tinggi akan dibedakan kedalam 3 kelompok, yaitu Akademi atau Junior College, Akademi teknik atau technical College dan Universitas.Pendidikan tinggi di Jepang dikelola oleh 3 lembaga yaitu pihak swasta, pemerintah daerah dan yang terakhir pemerintah pusat, dan sementara itu mahasiswa di Jepang bisa memilih beberapa jenis pendidikan tinggi yang ada seperti sekolah kejuruan, pendidikan akademi, diploma namun tanpa gelar, pasca sarjana dan yang terakhir adalah program sarjana.

Di Jepang sendiri pendidikan merupakan aspek terpenting dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. Pemerintahpun menempatkan pendidikan sebagai salah satu aspek terpenting sehingga bermacam-macam metode pengajaran yang mutakhir selalu disampaikan sedini mungkin. Oleh karenanya aspek pendidikan di Jepang tidak pernah berhenti dalam berinovasi demi kesempurnaan pengajaran.