Area Baca

2/14/2014

Komponen Pembelajaran

Secara garis besar didalam komponen pembelajaran itu terdapat tujuan, media, strategi, evaluasi, pendidik dan peserta didik. Pembelajaran merupakan suatu bentuk interaksi yang terjadi antara peserta didik dengan pendidik. Dalam perkembangannya proses pembelajaran tidak hanya suatu bentuk interaksi dari guru dan murid namun pembelajaran juga dilakukan dengan menyampaikan sumber – sumber informasi atau materi kepada peserta didik dengan menerapkan beberapa strategi yang maksimal sehingga mampu menghasilkan kualitas murid dengan prestasi baik. Pembelajaran menjadi sebuah sistem yang terdiri dari beberapa komponen dan berinterpedensi antara satu dengan lainnya untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Komponen – komponen pembelajaran bisa digambarkan secara jelas dengan beberapa bagan. Bagan tersebut bisa digunakan secara jelas dengan menggambarkan bahwa pembelajaran adalah integritas yang membentuk suatu timbal balik dari komponen satu dengan komponen lainnya. Komponen yang pertama adalah tujuan pembelajaran, komponen ini merupakan rumusan dari suatu perilaku dan sudah ditetapkan sebelumnya yaitu menyampaikan materi untuk memberikan ilmu baru pada anak didiknya. Kedua adalah komponen yang menempati posisi untuk menciptakan kegiatan belajar mengajar secara baik yaitu dengan menerapkan suatu media sesuai dengan kemampuan anak didik.  Salah satu hal yang bisa memudahkan proses pembelajaran adalah media pembelajaran. Banyaknya media pembelajaran ini bisa dimanfaatkan sebagai taktik jitu untuk mempengaruhi siswa supaya minat dalam belajarnya lebih meningkat karena mereka mampu menguasai materi secara baik dari media pembelajaran tersebut.

Komponen pembelajaran yang terakhir adalah peserta didik, karena memiliki subyek utama dalam proses pembelajaran. Pendidikan merupakan suatu hak yang harus didapatkan oleh setiap orang. Karena setiap orang itu diwajibkan untuk menuntut ilmu sebagai bekal hidup dimasa depan. Kemampuan dari skill seseorang akan membawa pengaruh positif terhadap orang lain. Salah satu skill tersebut adalah kemampuan seseorang yang mampu menyampaikan suatu materi kepada orang lain secara baik dan bisa dipahami oleh penerima materi dengan maksimal. Proses pembelajaran akan berjalan dengan lancar dan sesuai ketika menerapkan komponen didalam proses pembelajaran.