Area Baca

2/10/2014

Mencontoh Suksesnya Pendidikan di Negara Jepang

Jepang merupakan Negara dengan tingkat kemakmuran sangat tinggi  dengan jumlah kepadatan penduduk merupakan nomor sepuluh di dunia, serta memiliki produk domestic bruto nomor dua setelah Amerika Serikat. Disamping itu, Jepang juga berhasil menyandang nomor tiga sebagai Negara  yang berhasil melakukan keseimbangan dalam kemampuan berbelanja. Selain memiliki kehidupan ekonomi yang sangat baik, Negara Jepang juga memiliki teknologi yang sangat canggih. Meskipun Negara Jepang memiliki wilayah yang cukup terbatas, hal ini tidak membatasi rakyat Jepang dalam melakukan inovasi di dalam setiap aspek masyarakat.

Keberhasilan Negara Jepang dalam meraih kemakmuran tidak terlepas dari kerja keras  dalam suatu pendidikan. Pendidikan di Jepang merupakan syarat utama bagi setiap warganya guna mencapai kesejahteraan sosial yang lebih baik. Pendidikan di Jepang tidak hanya berfokus pada materi dan pengetahuan, namun juga pada rasa disiplin yang tinggi. Tingginya rasa disiplin warga Jepang bisa anda temui tidak hanya pada lingkungan sekolah, namun di \tempat umum anda juga bisa menemuinya, contohnya saat anda membeli tiket kereta, maka warga Jepang akan sangat sabar melakukan antrian, memasuki kereta pun mereka juga satu persatu, tidak main keroyokan seperti yang kebanyakan terjadi di Negara kita.

Hal ini merupakan suatu indikator bagi bangsa Jepang bahwa mereka telah mencapai kesuksesan dalam hal menciptakan stabilitas ekonomi bagi bangsa dan Negara. Dalam lingkungan keluarga, masyarakat Jepang sudah mengajarkan betapa pentingnya pendidikan moral  yang bisa dijalankan pada kehidupan sehari-hari. Hal dasar yang mereka selalu lakukan adalah selalu mengucapkan salam saat sampai di rumah, mengucapkan selamat makan pada seluruh anggota keluarga sebelum mereka pergi makan dan selalu mengucapkan salam kepada semua masyarakat yang mereka kenal.

Memang hal tersebut adalah hal yang sifatnya sepele, namun dari hal tersebut bisa menciptakan kedisiplinan diri yang tinggi, yang tanpa kita sadari perlahan membentuk karakter seseorang menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab. Hal tersebut pulalah yang mendorong kemajuan tingkat pendidikan di Jepang, karena mereka sudah memiliki dasar-dasar yang kuat sebagai individu yang berkompeten dan bertanggung jawab, dan sekolah merupakan sarana pengembangan jati diri yang akan menyempurnakan keberhasilan individu di lingkungan masyarakat sekitar.