Area Baca

2/11/2014

Mengenal Pembelajaran Konvesional

Dalam dunia pendidikan, model pembelajaran merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan oleh setiap tenaga pendidik. Hal ini karena model pembelajaran tersebut sangat menentukan bagaimana jalannya pembelajaran dapat berlangsung dengan optimal. Satu contoh dari sekian banyak model pembelajaran yang ada saat ini maka yang akan kita bahas di sini adalah tentang pembelajaran konvensional. Apa itu pembelajaran konvensional? Lalu apakah model pembelajaran seperti ini baik dan efektif jika diterapkan pada peserta didik? Untuk menemukan jawabannya maka anda penting untuk membaca ulasan berikut ini dengan seksama karena di sini saya akan banyak mengupas hal-hal menarik tentangnya.

Yang akan kita bahas pertama kali adalah tentang apa itu model pembelajaran konvensional ? Pembelajaran konvensional merupakan pembelajaran secara langsung yang banyak digunakan pada pembelajaran dari dulu hingga sekarang. Pembelajaran ini sering kali kita sebut dengan pembelajaran model ceramah yakni sebuah model pembelajaran dimana seorang tenaga pendidik memiliki peranan yang aktif dalam memberikan informasi ataupun materi pelajaran kepada para peserta didiknya. Sedangkan di sini peranan peserta didik dibatasi sebagai penerima informasi atau mata pelajaran yang biasanya cenderung memiliki peran yang pasif.

Sebenarnya pembelajaran konvensional ini memiliki berbagai macam kelebihan jika kita membandingkannya dengan model pembelajaran yang lain. Yakni dalam hal kemudahan seorang tenaga pendidik dalam menjalankan tugasnya, memberikan suasana belajar yang efektif bagi peserta didik untuk belajar dengan cara mendengarkan. Karena materi pelajaran diberikan secara langsung maka seorang peserta didik akan lebih dapat memahami materi pelajaran atau informasi yang disampaikan oleh seorang tenaga pendidik menjadi lebih mudah dan terarah. Namun meski memiliki berbagai macam kelebihan model pembelajaran yang satu ini ternyata juga memiliki berbagai macam kelemahan yang di antaranya adalah materi pelajaran yang disampaikan biasanya abstrak sehingga pada peserta didik tertentu akan merasa kesulitan dalam mencerna pelajaran. Selain itu kemampuan mendengarkan yang baik tidak dimiliki oleh semua peserta didik sehingga terkadang dapat menjadikan situasi yang kurang kondusif pada saat pembelajaran sedang berlangsung.

Dan demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya sampaikan pada ulasan ini. Dan semoga beberapa hal tentang pembelajaran konvensional di atas dapat memberikan manfaat bagi anda.