Area Baca

2/21/2014

Metode Pembelajaran Kooperatif

Saat ini banyak sekali metode yang dapat digunakan oleh seorang tenaga pendidik untuk memberikan pendidikan yang berkualitas kepada para peserta didiknya salah satunya adalah dengan memberikan materi pembelajaran kepada para peserta didik menggunakan metode pembelajaran yang sesuai yang disukai oleh para peserta didik. Nah untuk itulah maka pada ulasan berikut ini saya sengaja memberikan sebuah topik bahasan seputar metode pembelajaran yang efektif yang sesuai untuk anda terapkan pada peserta didik. Dan metode pembelajaran tersebut bernama metode pembelajaran kooperatif. Apakah metode pembelajaran kooperatif itu dan apakah metode pembelajaran ini dapat mewujudkan pembelajaran yang efektif? Tak usah berlama-lama lagi, bagi anda yang ingin mengetahui banyak informasi penting tentangnya, anda dapat langsung menemukannya pada ulasan berikut ini.

Metode pembelajaran kooperatif merupakan sebuah metode pembelajaran yang baik untuk diterapkan kepada para peserta didik dalam berbagai situasi. Pada dasarnya pembelajaran kooperatif ini menekankan kepada para peserta didik untuk melakukan kerjasama dalam memecahkan masalah-masalah terkait dengan pembelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya melalui diskusi dengan peserta didik yang lain melalui kelompok. Kelebihan utama dari metode pembelajaran ini adalah dapat mengakomodir para peserta didik dari berbagai macam latar belakang yang berbeda misalkan dari tingkatan prestasi akademik yang berbeda, latar keluarga yang berbeda dan lain-lain sehingga dengannya seain belajar mengenai materi yang ada pada saat pembelajaran mereka juga secara tidak langsung belajar tentang bagaimana berinteraksi sosial.

Dalam metode pembelajaran kooperatif ini ada kalanya seorang tenaga pendidik menyampaikan informasi secara langsung kepada para peserta didiknya. Namun ada kalanya juga mereka membagi para peserta didik ke dalam beberapa kelompok yang berbeda yang dengannya para tenaga pendidik dapat memberikan sebuah permasalahan yang hendak didiskusikan dalam kelompok tersebut.  Di sini seorang tenaga pendidik berperan utama untuk mengondisikan bagaimana jalannya diskusi kelompok tersebut dapat berlangsung dengan ideal baik dari komposisi peserta didik dalam sebuah kelompok yang diupayakan memiliki latar yang berbeda maupun saat membimbing jalannya diskusi kelompok.

Dengan belajar dalam kelompok tersebut, para peserta didik dapat secara aktif menyampaikan gagasan-gagasan yang dimilikinya dengan lebih leluasa. Dan demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya berikan, semoga memberi manfaat bagi anda.