Area Baca

2/01/2014

Pembelajaran Inovatif Dari Pesan Suara

Salah satu pembelajaran yang bisa dilakukan dari pesan suara yaitu berupa lagu adalah proses pembelajaran bahasa Inggris. Pesan suara dalam bentuk format mp3 bisa dijadikan sebagai media inovatif dalam proses belajar. Belajar bahasa Inggris dari mp3 sudah dilakukan oleh beberapa orang mendengar kata mp3 ini merupakan metode belajar yang interaktif. Menggunakan media mp3 akan mudah melatih keahlian dalam berbahasa karena secara tidak langsung mendengarkan sambil otak merespon kata – kata didalam mp3 sehingga akan mudah diingat.

Belajar bahasa Inggris mp3 merupakan salah satu cara yang inovatif dan mudah dilakukan tanpa membutuhkan banyak waktu. Dengan kita mendengarkan dialog lewat media mp3 setiap hari dan secara rutin akan dalam diri kita akan hafal seperti dengan halnya apabila kita mendengarkan lagu setiap hari lama kelamaan akan hafal pulakan. Alternative pembelajaran melalui media mp3 merupakan salah satu yang akan mudah memahami akan prounouns dan adjective. Ini disebabkan  oleh pengucapan kata yang jelas serta tidak memiliki makna ganga yang mudah dipahami oleh lawan bicara. Belajar dengan menggunakan metode mulitimedia berpeluang yang lebih besar agar memahami materi yang diberikan dengan baik. Hal ini akan lebih cepat proses pemahaman karena bisa mengulanginya berkali – kali dan mencoba belajar mengucapkannya. Ketika menginginkan belajar bahasa Inggris dengan Mp3 sangat mudah didapat tinggal browsing saja kemudian tinggal pilih. Atau dengan mengunjungi website yang menyediakan file mp3 tersebut. Pada umumnya mp3 yang disediakan berbentuk podcast yang dapat diputar sesuai dengan tema pembelajaran tentang berdialog yang menyediakan kosakata – kosakata baru yang tidak sulit untuk dipahami.

Metode pembelajaran secara inovatif akan memudahkan setiap orang dalam proses belajar. Berbeda dengan pembelajaran melalui media buku atau materi yang  seperti biasanya didapat oleh pelajar sekolah. Kalau media mp3 tidak terasa jenuh dalam belajar karena dapat dilakukan kapanpun serta dimanapun sambil tidur – tiduran sambil kerjapun bisa melakukan belajar dengan listening tanpa harus bertatap wajah dengan pembicara. File berformat mp3 yang mudah didukung oleh banyak PC akan mempermudah proses pembelajaran dengan  santai.