Area Baca

2/12/2014

Perencanaan Pembelajaran

Dalam sebuah kegiatan pembelajaran diperlukan banyak hal untuk menciptakannya sebagai sebuah kegiatan pembelajaran yang efektif. Selain tenaga pendidik, peserta didik dan bahan ajar yang baik maka hal yang tak kalah penting adalah adanya perencanaan kegiatan pembelajaran yang baik pula. Sebenarnya apa sih yang dinamakan perencanaan pembelajaran ini? Mengapa perencanaan pembelajaran sangat penting? Untuk mendapatkan jawabannya anda dapat membaca ulasan beriku ini dengan seksama karena saya akan bayak membahas tentangnya di sini.

Perencanaan pembelajaran merupakan sebuah kegiatan merencanakan pembelajaran yang dilakukan oleh seorang tenaga pendidik di awal kegiatan pembelajaran . Atau dengan kata lain perencanaan pembelajaran ini merupakan sebuah kegiatan merencanakan apa yang ingin dicapai selama kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

Perencanaan pembelajaran ini merupakan sebuah hal yang penting karena memiliki banyak tujuan yang di antaranya adalah:

  1. Dengan perencanaan pembelajaran proses pembelajaran yang akan berlangsung menjadi lebih terarah. Perencanaan pembelajaran merupakan gambaran tentang tujuan atau target yang ingin dicapai selama kegiatan pembelajaran jadi di dalam perencanaan pembelajaran ini seorang tenaga pendidik dapat mengarahkan tentang bagaimana pembelajaran-pembelajaran yang nantinya akan dilaksanakan dapat mencapai tujuan atau target yang telah direncanakan.
  2. Yang kedua dengan sebuah perencanaan pembelajaran maka seorang tenaga pendidik dapat menentukan target pembelajaran. Target pembelajaran ini sangat penting karena terkait dengan perkembangan para peserta didik yang ada di dalamnya. Sehingga dengan hal ini kegiatan pembelajaran akan berlangsung dengan efektif karena target-target pembelajaran telah jelas.
  3. Yang selanjutnya adalah sebagai bahan evaluasi untuk kegiatan pembelajaran yang akan datang. Dengan perencanaan pembelajaran yang baik seorang tenaga pendidik akan dapat lebih mudah untuk melakukan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan dan dapat melakukan perbaikan pada saat kegiatan pembelajaran baru yang akan dilaksanakan. Sehingga dengan hal tersebut maka kekurangan-kekurangan yang terdapat pada pembelajaran terdahulu dapat diminimalkan.
  4. Mempermudah tenaga pendidik dan peserta didik dalam menjalankan peranannya. Dalam sebuah perencanaan pembelajaran yang baik telah terdapat peranan-peranan yang harus dilakukan oleh peserta didik dan tenaga pendidik yang dengannya tentu akan memudahkan mereka selama pembelajaran berlangsung.

Dan demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian.