Area Baca

3/16/2014

Belajar Membaca


Belajar membaca untuk anak usai dini ataupun bagi siswa sekolah dasar menjadi tanggung jawab besar yang dilakukan oleh orang tua dan guru. Untuk seorang anak dapat membaca dengan lancar, harus diawali dahulu dengan peran orang tua sebagai pembimbing sang anak ketika diusia satu tahun. 

Pada dasarnya, membaca ,merupakan hal yang bisa dikatakan sebagai kemampuan secara teknis, jadi meskipun hanya beberapa saat saja jika kemampuan berpikir sang anak bagus, maka membaca pun bisa dilakukan dalam waktu yang singkat. Membaca yang biasanya diajarkan oleh ibu kepada anaknya, sangat berpengaruh besar ketika anaknya beranjak ke bangku sekolah. Jika sudah diajarkan membaca sejak kecil, maka ketika disekolah sudah terbiasa lancar dan dapat langsung beranjak ke bangku sekolah. 
 
Belajar membaca bisa diawali ketika anak umur satu tahun, pada saat itu kemampuan berpikir anak bisa dikatakan lebih tinggi dibandingkan diatas umur lima tahun. Disaat seperti itu, sang ibu melatih kecerdasan anak dengan bantuan buku-buku kemudian diajarkannya. Membaca disini bukan hanya tentang huruf atau angka, tetapi juga bisa membaca gambar-gambar atau tulisan-tulisan yang dilihatnya. Ketika ingin mengajarkan anak untuk membaca, langkah awal yang bisa disiapkan ialah beberapa buku atau gambar yang terdapat tulisannya, seperti yang sudah banyak dijual dipasaran, dengan bentuk seperti karton lalu didalamnya terdapat gambar mobil dan tulisan mobil. Maka ajarkan anak dengan menunjuk kearah gambar mobil tersebut, dan katakan mobil sambil menunjuk pula pada tulisannya.
Jika ingin mengawalinya dengan pengenalan abjad, juga dapat memakai cara tersebut dengan menggunakan tulisan huruf, kemudian melatihnya dengan membaca abjad satu persatu. Jika hal ini dirasa sangat sulit, bisa menggunakan cara lain misalnya ketika ingin menunjukkan huruf I, dapat memakai lidi yang tipis, dan bentuklah seperti huruf i. Atau jika ingin membuat huruf A, dapat membuat sesuatu dengan bahan kain dan bentuklah seperti segitiga. Jangan memakai bahan seperti gabus untuk proses belajar, karena akan beresiko terkena kuman atau penyakit.
Belajar membaca juga dapat dilakukan di sekolah dini seperti Paud ataupun TK. Namun akan lebih baik jika membaca sudah bisa dilatih sejak kecil untuk memudahkan proses pembelajaran selanjutnya.