Area Baca

3/29/2014

Metode pembelajaran yang menyenangkan

Metode pembelajaran menyenangkan - Setiap pengajar atau guru pasti mempunyai cara tersendiri agar pelajaran Bahasa Inggris menjadi menyenangkan. Pada saat ini banyak sekali metode - metode modern yang digunakan untuk belajar Bahasa Inggris,  namun tidak sedikit juga ada beberapa guru yang masih menerapkan cara lama, seperti model listen and repeat ataupun ceramah. Akibatnya pada saat pembelajaran berlangsung siswa akan merasa bosan karena kurang menyenangkan. Berikut adalah macam - macam teknik pembelajaran yang menyenangkan :
  1. Surveys : Para siswa membuat sebuah tim survey di dalam kelasnya. Misalnya siswa membuat angket pertanyaan kepada seluruh siswa di kelasnya.
  2. Role Play : Dalam hal ini, kegiatan belajar mengajar menggunakan model peran. Jadi Guru menjadikan keadaan di kelas seperti keadaan di luar kelas. Misal peran siswa dijadikan sebagai penjual dan pembeli, sehingga ada interaksi dan percakapan dalam bahasa inggris.
  3. Games : Hal ini pastinya sangat disukai banyak kalangan. Pada saat proses mengajar berlangsung, ada baiknya seorang guru menyiapkan sebuah permainan kecil yang berhubungan dengan pelajaran yang berlangsung, sehingga para siswa bisa termotivasi.
  4. Language Exchange : Pada umumnya semua siswa suka jika bisa langsung berbicara dengan Native Speaker. Walaupun sekedar obrolan ringan, itu bisa membangkitkan semangat di dalam diri siswa. 
  5. Group Work : Belajar berkelompok bisa melatih kerjasama antar siswa. Cara ini juga sangat membantu bagi siswa yang kurang mampu saat menerima materi, dan siswa tersebut bisa bertanya atau dibantu dengan siswa yang memiliki kemampuan lebih.
  6. Interview :  Hal ini bisa dilakukan dengan cara melakukan wawancara dengan teman sekelas ataupun teman di kelas lain. Atau pembelajaran model ini bisa dilakukan di luar sekolah, seperti bertanya di kepada orang yang belum kenal. Jenis pertanyaan sesuai dengan topik yang di bahas bisa ditentukan oleh guru maupun siswa bebas membuat pertanyaan dengan pengawasan guru tentunya.
  7. Learning by teaching : Model belajar ini diterapkan dengan cara siswa menjelaskan di depan teman sekelasnya tentang pelajaran yang sedang di bahas, tentunya siswa sudah menyiapkan sebelumnya. Dengan hal ini juga dapat melatih mental setiap siswa serta skill yang dimiliki oleh siswa.
  8. Information Gap :  Model pembelajaran ini dilakukan dengan cara, seorang siswa harus memberitahukan sebuah informasi yang belum diketahui oleh teman sekelasnya. Tentunya hal yang di sampaikan tersebut sesuai dengan topik yang diberikan oleh guru. Semisal seorang siswa membaca sebuah berita di Koran, dan setelah itu siswa tersebut menyampaikan apa yang di abaca tadi kepada teman sekelasnya.
Itulah informasi yang dapat kami sajikan. Semoga bermanfaat.