Area Baca

3/20/2014

Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa kota Surabaya

PSPB atau pendidikan Sejarah Perjuangan bangsa sudah dicantumkan kedalam kurikulum pendidikan Indonesia  sebagai upaya agar generasi muda penerus bangsa Indonesia mengerti betapa beratnya perjuangan rakyat Indonesia dalam memperoleh kemerdekaan. Salah satu yang paling terkenal adalah kejadian heroik yang terjadi di kota Surabaya, yang akhirnya kota Surabaya dikenal sebagai kota Pahlawan.
Kota Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia dengan pendapatan perkapita sekitar 62,62 juta dari tahun 2007 sampai tahun 2010. Pendapatan perkapita yang terus meningkat karena ditunjang adanya kenaikan taraf hidup masyarakat Surabaya. Hal ini ditandai dengan semakin menjamurnya shopping mall serta meningkatnya daya beli masyarakat. Sektor utama yang mendukung perekonomian Surabaya masih dipegang oleh sector perdagangan, perhotelan serta restaurant.

Tanggal 31 Mei 1293 merupakan hari jadi kota Surabaya, yang ditetapkan karena Pasukan Majapahit berhasil mengalahkan pasukan kerajaan Mongolia yang diutus oleh Kubilai Khan. Pada saat itu Surabaya merupakan gerbang dari Kerajaan Majapahit. Lambang dari kota Surabaya yang disimbolkan antara Buaya dan ikan hiu karena adanya peperangan ini. Pasukan Mojopahit digambarkan sebagai buaya dan Suro atau ikan hiu sebagai pasukan kerajaan Mongolia.  Pada tahun 1530, kota Surabaya  jatuh ketangan kerajaan demak. Tidak lama setelah itu kerajaan demak pun runtuh dan kota Surabaya menjadi bulan-bulanan penyerangan  dari beberapa kerajaan, seperti tahun 1598 panembahan Senopati menyerang Surabaya, disusul penyerangan oleh Panembahan Seda Ing Krapyak pada tahun 1el610, kemudian Sultan Agung pun turut menyerang di tahun 1614. Pada tahun 1675 pasukan Trunojoyo berhasil merebut Surabaya, namun tidak lama kemudian VOC mengambil alih kekuasaan pada tahun 1677.

Pada tahun 1926 Kota Surabaya sudah berubah menjadi kota modern kedua yang ada di hindia belanda pada masa pemerintahan Hindia – Belanda. Pada bulan Februari tanggal 2 tahun 1942 Jepang menjatuhkan bom di kota Surabaya dan Jepang berhasil menguasai kota Surabaya pada bulan maret.  Surabaya menjadi target serangan sekutu pada 17 Mei 1944 dan Surabaya pun luluh lantak. Tanggal 10 November 1945 terjadi perang sengit antara pasukan RI dan tentara Inggris selama 10 hari, dan akhirnya hal ini dikenal sebagai hari Pahlawan.