Area Baca

3/31/2014

Petingnya motivasi pembelajaran bagi siswa

Tidak dapat dipungkiri lagi, motivasi pembelajaran untuk para siswa saat ini memang sangat dibutuhkan. Hal tersebut perlu dilakukan karena banyak sekali siswa pada saat ini yang membolos pada saat suatu pelajaran tertentu tersebut sedang berlangsung, dan hal tersebut dikarenakan kurangnya motivasi untuk belajar bagi para siswa. Dan tidak dapat dipungkiri juga, kalau pada saat ini banyak siswa yang memakai seragam sekolah berkeliaran di tempat umum meskipun itu adalah jam sekolah. Dan banyak juga yang mengatakan bahwa mereka bosan dengan mata pelajarannya. Dari hal tersebut memang dapat disimpulkan bahwa motivasi untuk belajar pada diri siswa sangatlah rendah. Hal tersebut akan sangat merugikan bagi siswa itu sendiri.

Oleh karena itu para orang tua maupun guru perlu melakukan pendekatan pada siswa yang sering kali membolos dan mencari sebuah solusi yang baik. Sebenarnya hal yang paling terpenting bagi seorang pelajar adalah perlunya sebuah motivasi. Karena motivasi itulah yang dapat memberikan dorongan untuk dapat melakukan kegiatan belajar bagi siswa dengan penuh semangat. Dalam hal ini dapat di ibaratkan motivasi adalah seorang siswa dan motivasi sebagi bensin atau bahan bakarnya. Sebaik apapun kendaraannya jika tidak ada bahan bakar maka tidak akan artinya juga. Begitu juga dengan seorang siswa. Motivasi merupakan sebuah dorongan untuk melakukan suatu kegiatan dengan baik.

Maka dari itu, diharapkan dengan adanya motivasi belajar, maka para siswa dapat mempunyai keinginan dengan sendirinya untuk belajar dengan maksimal. Berdasarkan kelompoknya, motivasi dibedakan menjadi motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Motivasi intrinsik yaitu sebuah motivasi yang berasal dari diri sendiri untuk melakukan suatu kegiatan. Dalam hal ini upaya yang harus dilakukan oleh orang tua dan guru adalah dengan memberikan motivasi belajar bagi para siswa. Sedangkan motivasi ekstinsik adalah sebuah motivasi yang berasal dari luar. Untuk hal yang satu ini yang harus dilakukan oleh para pengajar maupun guru adalah dengan menggunakan trik maupun cara belajar yang menarik dan inovasi yang lainnya sehingga dapat membuat motivasi belajar para siswa menjadi baik juga.