Area Baca

3/28/2014

Proses penggunaan media pembelajaran

Saat ini penulisan jurnal tidak hanya dilakukan dengan cara menulis di buku saja. Namun dalam membuat jurnal media pembelajaran dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan media game agar proses belajar terasa menyenangkan. Di dalam memilih media untuk proses pembelajaran, seorang pengajar harus mengetahui cara menggunakan media yang dia gunakan.  Adapun langkah - langkah yang harus diperhatikan didalam penggunaan sebuah media.

  1. Hal yang pertama yang dilakukan yaitu mempersiapkan sebuah media yang akan digunakan. Pengajar harus mempelajari cara penggunaan media yang akan ia gunakan, seperti halnya dalam penggunaan proyektor, maka harus melakukan pemeriksaan pada voltase proyektor dan selanjutnya menyesuaikan dengan listrik setempat. Sebelum peralatan digunakan alangkah baiknya dipersiapkan dahulu untuk menghindari gangguan saat pembelajaran.
  2. Selanjutnya saat kegiatan pembelajaran berlangsung dengan menggunakan media, maka suasana dan keadaan kelas harus tetap terjaga. Di dalam penggunaan proyektor misalnya, di perlukan ruangan yang agak gelap, namun pengajar juga harus mengusahakan agar kegelapan ruangan dapat diatur sedemikian rupa, agar para siswa masih dapat melakukan kegiatan menulis catatan. Jika diperlukan penjelasan yang lebih lanjut, pengajar bisa memberikan penjelasan dan ditulis pada papan tulis dan diusahakan posisi pengajar tidak menghalangi pandangan para siswa. Jikalau media tersebut digunakan  oleh siswa dalam proses pembelajaran maka pengajar juga harus memantau. Dengan hal tersebut pengajar juga dapat membantu siswa jika mengalami kesulitan dalam penggunaan media tersebut.

Hal selanjutnya yang dilakukan adalah sebuah evaluasi. Hal ini bertujuan apakah sajian pembelajaran yang disampaikan kepada para siswa tercapai atau tidak. Selain itu juga dapat bisa digunakan untuk membuat sajian yang lebih menarik lagi sehingga para siswa menjadi lebih paham dalam memahami materi yang disampaikan. Dalam evaluasi ini juga dapat pengajar juga dapat melakukan tes kepada siswa yang kemudian dikerjakan sebagai umpan balik. Dari umpan balik tersebutlah, pengajar bisa meminta kepada para siswa untuk lebih memperdalam lagi materi yang didapat. Hal tersebut dapat di lakukan dengan berdiskusi hasil tes yang dilaksanakan pada saat itu. Demikian penjelasan mengenai proses penggunaan media pembelajaran secara umum.