Area Baca

4/04/2014

Apa itu Pembelajaran Tematik ??

Pembelajaran Tematik - Saat ini sangat banyak metode-metode yang digunakan untuk mendukung pembelajaran kepada siswa. Salah satunya adalah Pembelajaran Tematik. Pengertian pembelajaran tematik ialah suatu bentuk pembelajaran kepada siswa yang terpadu, yang memberikan sebuah tema yang dikaitkan dengan mata pelajaran yang dapat memberikan sesuatu yang bermakna. Bentuk pembelajaran tematik sendiri termasuk pembelajaran yang fokus kepada keterlibatan siswa saat proses belajar sambil melakukan sesuatu, sehingga siswa dapat terlatih untuk menemukan solusi atau hal baru yang dipelajarinya. Tujuan dari pembelajaran tematik ini salah satunya yaitu agar siswa mampu mempelajari suatu pengetahuan dan mengembangkannya dalam berbagai kompetensi dasar pada semua mata pelajaran serta dapat memahami suatu materi lebih dalam. Pembelajaran Tematik ini mempunyai manfaat seperti halnya para siswa mampu melihat langsung hubungan yang saling berkaitan antara mata pelajaran, dan beberapa kompetensi dasar dan indikator mata pelajaran bisa digabungkan sehingga terjadi penghematan, karena tumpang tindih antara materi pelajaran dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan. Pembelajaran tematik ini mempunyai suatu karakteristik tersendiri. Contohnya seperti penerapan pembelajaran tematik pada Sekolah Dasar. Berikut adalah contoh karakteristik pembelajaran pada Sekolah Dasar.


  1. Memberikan pengalaman langsung :  Dengan hal ini para peserta didik dihadapkan pada sesuatu yang nyata yang sesuai dengan kejadian sehari hari, sebagai dasar untuk mempelajari sesuatu yang lebih abstrak.
  2. Berpusat pada peserta didik : dalam hal ini tugas seorang guru hanya sebagai fasilitator yaitu dengan memberi bantuan serta kemudahan kepada peserta didik dalam proses pembelajaran.
  3. Mempunyai sifat fleksibel : Guru dapat mengaitkan bahan mata pelajaran dengan mata pelajaran lainnya atau bahkan dapat dikaitkan dengan kehidupan peserta didik dengan keadaan lingkungan sekitar sekolah.
  4. Proses belajar mengajar disesuaikan dengan minat para peserta didik : yaitu para peserta didik diberikan kesempatan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan dan minatnya.
  5. Pada saat proses pembelajaran dapat digunakan prinsip belajar sambil bermain

Dalam pembelajaran tematik ini juga memiliki suatu batasan, seperti halnya tema pembelajaran ditentukan oleh setiap sekolahan, yang disesuaikan dengan lingkungan, karakter siswa, minat dan daerah sekolah berada agar pelaksanaan proses pembelajaran dapat berjalan dengan optimal. Semoga ulasan mengenai pengertian pembelajaran tematik dapat menambah wawasan kita.