Area Baca

4/20/2014

Cara menyenangkan belajar matematika

Cara Menyenangkan Belajar Matematika - Beberapa siswa menganggap bahwa mata pelajaran matematika adalah mata pelajaran yang menyeramkan. Terlebih kebanyakan  yang merasakan kesulitan dalam mempelajari matematika adalah pada anak - anak yang duduk di bangku sekolah dasar. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memberikan sebuah permainan dalam pembelajaran matematika tersebut. Kebanyakan siswa tingkat sekolah dasar cenderung berkumpul pada teman yang sebaya atau hanya berkumpul pada teman yang mereka kenal saja atau bergerombol. Dengan melihat hal tersebut seorang guru juga dapat menyampaikan materi pelajaran matematika dengan menggunakan cara sebuah permainan. Misalnya dengan membentuk sebuah kelompok dengan kemampuan belajar yang berbeda - beda. Belajar dengan bermain merupakan sebuah proses dimana para anak - anak bereksplorasi, memanipulasi, serta mengulang - ulang dan mendapatkan sebuah konsep dengan pengertian yang jumlahnya tidak terhitung. Upaya yang bisa dilakukan agar mencapai hasil yang baik yaitu dengan cara memberikan rangsangan untuk semakin giat belajar matematika dan peserta didik juga dapat memanfaatkan seluruh panca indera. Dengan begitu jika sudah terbiasa menggunakan seluruh panca indera yang dimiliki, para siswa juga bisa menerima dan mengolah informasi serta mempertahankan seluruh ingatan dengan jangka waktu yang panjang. Pada mata pelajaran matematika ini banyak sekali hal yang bisa dilakukan untuk sebuah permainan matematika, sebagai contohnya adalah sebagai berikut :

  1. Game mencari arah, game ini di lakukan pada luar ruangan dan menggunakan koran ataupun keset dan masing-masing anak berpasangan. Dalam permainan ini salah satu anak setiap kelompok yang berpasangan tadi menggunakan penutup mata, dan yang satunya lagi memberikan aba - aba kepada temannya yang memakai penutup mata tadi untuk di perintahkan jalan sesuai dengan arah yang di tentukan.
  2. Game papan : ada banyak sekali permainan yang diaplikasikan dalam mata pelajaran matematika ini dalam game papan. Seperti monopoli, ular tangga dan lainnya.
  3. Permainan pedagang, dimana salah satu siswa berperan sebagai pedagang dan yang satunya lagi sebagai pembeli,dan disana bisa terjadi sebuah interaksi dan siswa dapat mempelajari materi perkalian, penjumlahan, pembagian maupun pengurangan.

Dari beberapa contoh permainan yang bisa digunakan dalam pelajaran matematika diatas, maka diharapkan minat serta motivasi para siswa dapat menganggap bahwa mata pelajaran matematika itu bukanlah hal yang menakutkan dan sulit, namun sebaliknya, bahwa belajar matematika itu adalah hal yang menyenangkan dan mudah untuk dipahami. Untuk mewujudkan hal tersebut juga diperlukan peran serta seorang pengajar ataupun guru untuk lebih kreatif dalam menyampaikan materi yang akan mereka ajarkan.