Area Baca

4/15/2014

Efektivitas Pembelajaran

Efektivitas Pembelajaran yakni suatu kegiatan atau aktivitas belajar mengajar akan tepat guna jika memperhatikan meminimalisir waktu terbuang dan penyampaian materi yang pas. Itu disebut efektivitas dalam pembelajaran. Itu sangat berguna terhadap pembelajaran karena jika efektivitas dalam pembelajaran berhasil akan menghemat waktu, tenaga, ataupun mental.

Efektivitas dalam pembelajaran tidak akan tercapai apabila tanpa dengan metode pembelajaran yang tepat dan materi yang memang dibutuhkan murid itu sendiri. Walaupun guru memiliki kriteria atau prinsip yang berbeda-beda itu semua bertujuan agar efektivitas tercapai dan juga menghasilkan murid didik yang berkualitas. Memang pengorbanan guru tiada habisnya.

Untuk mencapai efektivitas pembelajaran tentu juga media atau sarana prasarana harus memadai agar pembelajaran mudah di pahami. Contoh media yang harus terpenuhi:

  1. Ruang kelas: karena ruang kelas bagaikan rumah para murid yang penuh aktivitas penting.
  2. Meja kursi: untuk tempat duduk serta landasan untuk menulis.
  3. Papan tulis: untuk sarana menyampaikan materi yang di ajar.
  4. Sapu kelas: untuk membersihkan kelas karena jika kelas bersih maka proses belajar mengajar lancar.
  5. Pencahayaan yang cukup: untuk memudahkan belajar. 

Tentu feedback antara guru dan murid harus saling sinkron guna menciptakan suatu suasana pembelajaran yang efektif, di mana guru juga bertindak sebagai fasilitator dan konselor yang baik bagi para muridnya, sehingga tercipta hubungan yang harmonis layaknya seorang ayah atau ibu dengan anaknya. Sehingga jurang pemisah jabatan tersebut bukannya lagi menjadi sesuatu yang harus dipertahankan. Tentu nilai kedekatan yang ada akan menambah berbagai suasana yang baik bagi kelas tersebut untuk terus meningkatkan prestasi. Di mana guru dalam hal ini juga senantiasa dan mendorong memotivasi muridnya untuk dapat eksis berprestasi sehingga menjadi harapan dan tumpuan generasi penerus yang baik bagi bangsa ini kedepannya tentunya.

Itulah beberapa yang harus di penuhi saat belajar mengajar, efektivitas pembelajaran juga tak akan berhasil jika murid maupun guru tidak memiliki rasa partisipasi karena rasa itulah yang menyebabkan proses belajar menjadi mengasyikkan. Generasi yang baik adalah generasi yang banyak mengukir prestasi positif di masa mudanya.

Demikianlah pembahasan seputar Efektivitas Pembelajaran yang dapat penulis sampaikan kepada Anda sekalian.