Area Baca

4/29/2014

Media pembelajaran Biologi

Peran media merupakan sebagai penyalur informasi dari satu ke orang lainnya. Sedangkan media pembelajaran biologi merupakan bentuk dari segala sesuatu baik itu barang asli maupun itu hasil barang tiruan yang bisa digunakan sebagai perantara pada saat proses pembelajaran mata pelajaran biologi agar materi yang disampaikan mudah diterima oleh peserta didik.

Banyak sekali media - media pada saat ini yang bisa digunakan guna membantu dalam proses pembelajaran. Berikut akan dijelaskan media pembelajaran biologi yang sudah dikelompokkan sesuai dengan sifat - sifat media tersebut :
  1. Jika di pandang berdasarkan jenisnya, maka dapat digolongkan beberapa jenis media seperti audio, visual ataupun audio visual.
  2. Jika di lihat dari kekuatan cakupan untuk meliput, maka media digolongkan menjadi daya liput yang luas dan daya liput yang serentak.
  3. Dari bahan pembuatannya media juga sudah bisa digolongkan menjadi sebuah media yang sederhana dan media yang komplek.
  4. Jika di lihat dari bentuknya maka dapat digolongkan menjadi grafis 2D, grafis 3D dan yang terakhir adalah media elektronik.
Di dalam proses belajar mengajar, kita juga dapat menggunakan berbagai macam - macam media pembelajaran, yang harus disesuaikan dengan  tujuan utama pembelajaran tersebut. Dan contoh dari media pembelajaran ini juga masih banyak pula, karena contoh di dalam media pembelajaran untuk mata pelajaran biologi ini tidaklah harus menggunakan media pembelajaran dari perusahaan - perusahaan melainkan bisa juga yang sudah disediakan oleh alam. Berdasarkan fungsi dari media pembelajaran ini, maka dibedakan menjadi dua bagian yaitu alat peraga dan sarana.

Alat peraga di sini merupakan media pembelajaran yang berisi mengenai ciri - ciri dari konsep yang sudah dipelajari yang nantinya juga akan berfungsi agar para siswa bisa menerima sesuatu pengalaman belajar yang bisa dilakukan secara nyata. Sedangkan sarana yaitu merupakan media pembelajaran yang mempunyai fungsi segabai alat bantu yang digunakan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung dan dapat membuat jalan proses belajar mengajar tersebut berjalan dengan baik.