Area Baca

4/12/2014

Pembelajaran Berbasis ICT

Pembelajaran berbasis ICT sesuai perkembangan zaman terdapat perkembangan ilmu berbasis multimedia dan komputer. Ilmu tersebut bisa dengan sebutan pembelajaran berbasis kepada ICT (Information Communication Technology). Dan ilmu tersebut sangat populer dan tentu juga banyak peminatnya. Karena jika kita tidak bisa dalam pembelajaran tersebut kemungkinan kita akan sangat kesulitan dalam mengerjakan ilmu pembelajaran yang lainnya karena ilmu ini saling terkait mengait ilmu lain sehingga kita akan sangat berat dalam mengerjakan tugas lainnya. Tetapi ilmu ini juga ada kekurangannya yaitu membuat perilaku manusia menjadi menggantungkan diri pada teknologi. Walaupun begitu tetap ilmu ini sangat berguna bagi kehidupan manusia.

Masih sekitar dekade ini ilmu Pembelajaran berbasis ICT ini mengalami kemajuan sangat pesat karena juga faktor peminat juga ilmu ini juga memiliki potensi yang besar. Dan jika nantinya ilmu ini menjadi ilmu pokok mungkin juga akan menjadi dasar mata kehidupan manusia karena memang sifat dasarnya membuat manusia menjadi ketergantungan pada teknologi. Tetapi itu tetap di tangan sifat manusia itu karena memang sifat alami manusia adalah tamak dan rakus, jika manusia sudah berada di lingkungan yang sudah membuat dirinya nyaman maka akan selalu menggunakannya.

Dan ilmu berbasis ICT telah juga menghemat sumber daya alam karena ilmu berbasis ICT memang bersifat efisiensi sehingga jika digunakan dalam pembelajaran akan membangkitkan efisiensi pembelajaran. Dan itu sangat menguntungkan bagi proses pembelajaran sehingga pembelajaran berbasis ICT sangat cocok untuk kalangan pelajar. Dan ICT juga dapat sebagai media pembelajaran, dan sekarang sekolah yang maju telah berbasis ICT. Dan jika belum berbasis ICT seperti ada yang kurang. Sehingga banyak sekolah yang berlomba-lomba dalam melengkapi basis ICT-nya. Contoh media ICT seperti komputer, fax, telepone, dan sekarang sedang populer adalah wifi area. Tetapi jika ilmu tersebut akan menyesatkan apabila digunakan secara negatif, itu semua berada di tangan Anda.

Demikianlah pembahasan mengenai Pembelajaran berbasis ICT. Semoga ini menjadi pembelajaran kita ke depan untuk meningkatkan taraf hidup dengan kecanggihan teknologi, namun jangan sampai kita hanya memanfaatkan teknologi hanya kepada arah yang negatif saja, karena justru hal tersebut hanya akan merugikan diri kita sendiri.