Area Baca

4/21/2014

Pembelajaran melalui internet

Pembelajaran melalui internet - Dalam kegiatan belajar mengajar, peran media pembelajaran adalah sangat penting. Pada saat banyak sekali media pembelajaran yang muncul, salah satunya media pembelajaran internet.  Internet mempunyai potensi yang besar jika dijadikan sebagai media pembelajaran, mengingat akan ketidakterbatasan ruang dan waktu oleh internet. Segala bentuk sumber informasi, kita dapat mendapatkannya kapan saja dan darimanapun. Internet merupakan jaringan yang tersusun atas berjuta - juta komputer yang jangkauannya bisa mencapai seluruh dunia. Menurut beberapa ahli mengatakan ada beberapa aplikasi standart yang menggunakan koneksi internet yang bisa digunakan dalam pendidikan  :

  • Electronic mail atau sering disebut e-mail. Merupakan fasilitas yang sangat sederhana dan sangat mudah digunakan.
  • Mailing list diperkenalkan sekitar tahun 1972 setelah e-mail mucul di dunia internet. Mailing list merupakan salah satu fasilitas yang bisa digunakan sebagai tempat untuk berdiskusi ataupun bertukar informasi yang tidak bisa diketahui orang lain tanpa masuk terlebih dahulu dalam kelompok tersebut.
  • Fasilitas selanjutnya yaitu news group, yaitu sebuah fasilitas yang bisa digunakan untuk berkomunikasi antara dua orang maupun lebih yang bisa dilakukan secara serentak. Contohnya seperti video conferencing atau bisa juga hanya audio saja.
  • Fasilitas yang bisa digunakan lainnya yaitu File Transfer Protocol, dimana para penggunanya dapat mentransfer file dengan cara meng-upload ke internet sehingga bisa digunakan oleh para pengguna internet lainnya di seluruh dunia dengan cara mendownloadnya.
  • WWW ( World Wide Web ) atau kita sering menyebutnya dengan Web. Fasilitas web merupakan kumpulan dari dokumen yang sangat besar yang disimpan dalam berbagai server di seluruh dunia. Dokumen yang terkumpul ini di kemas dalam bentuk HTML. Dengan HTML lah maka seluruh dokumen tersebut dapat diakses oleh semua orang.

Kelebihan yang dimiliki media internet sebagai sarana pembelajaran salah satunya adalah  internet mampu memberikan konektivitas serta jangkauan yang luas yang memungkinkan kita untuk mengakses data serta informasi tanpa ada waktu dan tempat yang membatasi. Akses melalui internet juga sangat cepat bila kita mencari sebuah informasi pada halaman buku. Internet juga bisa menyajikan sebuah kegiatan belajar yang interaktif melalui elearning yang dibuat oleh suatu lembaga tertentu. Pada saat ini jika kita bandingkan dengan mencari informasi pada buku, makan dengan internet kita dapat mengaksesnya dengan cepat serta dengan biaya yang lebih sedikit.