Area Baca

4/23/2014

Pemilihan model pembelajaran pada anak SD

Banyak sekali model-model pembelajaran yang ada pada saat ini. Dengan adanya model pembelajaran, kegiatan belajar mengajar bisa lebih memiliki tujuan yang sistematis. Pada dasarnya model pembelajaran SD (sekolah dasar) dengan tingkat yang berada di atasnya maupun dibawahnya hampir memiliki tujuan yang sama. Hanya mungkin cara penyampaiannya saja yang berbeda yang disesuaikan dengan tujuannya masing-masing. Menurut berapa ahli istilah model pembelajaran memiliki beberapa ciri - ciri khusus, yaitu :

- Mempunyai tujuan yang akan dicapai.
- Memiliki rasional teoritik logis yang sudah disusun oleh pembuatnya.
- Cara berperilaku dalam penggunaan model pembelajaran karena juga mempengaruhi tingkat keberhasilan.
- Keadaan lingkungan yang kondusif juga diperlukan agar apa yang diinginkan dalam suatu pembelajaran bisa tercapai.

Dalam pemilihan model pembelajaran sangat dibutuhkan peran seorang guru karena harus sesuai dengan materi - materi yang akan diajarkan. Dalam pemilihan model serta metode yang digunakan dalam pembelajaran juga menyangkut mengenai strategi dalam proses belajar mengajar. Didalam pembelajaran juga dibutuhkan sebuah upaya pelayanan terhadap potensi dan kebutuhan para siswa yang sangat bervariasi agar bisa terjadi interaksi antara siswa dengan guru dan siswa terhadap siswa. Strategi pembelajaran juga sangat terkait dengan pemilihan terhadap model pembelajaran yang dijalankan oleh guru di dalam menyampaikan sebuah materi kepada para siswa. Untuk itulah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyikapi banyaknya model pembelajaran yang ada.

1. Kita tidak perlu berfokus pada satu model pembelajaran saja.
2. Para siswa Madrasah atau Sekolah Dasar kebanyakan setiap siswa selalu berada dalam tahap pemikiran yang kongkret.
3. Kita dapat memiliki model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan.
4. Penguasaan terhadap materi yang disampaikan.
5. Memiliki komitmen untuk memberikan yang terbaik kepada para siswa serta selalu membuat para siswa tertarik dan menyayangi materi pelajaran yang diberikan.

Model pembelajaran yang dapat diterapkan para guru sebenarnya sangat banyak. Model pembelajaran merupakan sebuah langkah - langkah suatu pembelajaran tertentu yang memiliki tujuan agar kompetensi belajar yang diharapkan bisa tercapai dengan cara yang efektif.