Area Baca

6/22/2014

Hal yang Harus Diperhatikan Pengembangan Pembelajaran

Ada banyak hal yang harus diperhatikan oleh setiap penggerak pendidikan untuk melakukan pengembangan pembelajaran yang diberikan kepada para peserta didik. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Materi pembelajaran. Materi yang disampaikan dalam sebuah kegiatan pembelajaran merupakan hal yang teramat penting untuk dikembangkan dalam sebuah kegiatan pembelajaran. Hal ini berkaitan dengan pembelajaran apa saja yang bisa didapatkan oleh para peserta didik.
  2. Media pembelajaran. Kehadiran sebuah media yang baik dalam sebuah kegiatan pembelajaran merupakan sebuah hal yang teramat penting. Karena sebuah kegiatan pembelajaran tidak akan dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya sebuah media pembelajaran yang mendukung. Para peserta didik memiliki tingkat pemahaman yang berbeda-beda terhadap materi pembelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya, terutama untuk materi pembelajaran yang bersifat abstrak. Sehingga hal ini peranan media pembelajaran adalah untuk membantu para peserta didik dalam memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya tersebut.
  3. Strategi pembelajaran. Cara penyampaian materi pembelajaran dari seorang tenaga pendidik kepada para peserta didik pun perlu untuk diperhatikan dalam pengembangan kegiatan pembelajaran. Hal ini terutama yang sangat diperlukan adalah meningkatkan kualitas tenaga pendidik yang dapat membaca situasi pembelajaran dan mengenali potensi yang dimliki oleh setiap peserta didiknya sehingga mereka bisa memilih dan mengembangkan sebuah strategi pembelajaran yang baik untuk dikembangkan. Sehingga dengan hal tersebut maka akan lebih mudah untuk mencapai tujuan dari adanya kegiatan pembelajaran.
  4. Situasi pembelajaran. Sebuah kegiatan pembelajaran tak akan berjalan dengan baik tanpa adanya situasi pembelajaran yang mendukung. Nah untuk mendapatkan situasi belajar yang mendukung tersebut maka diperlukan adanya sarana dan prasarana yang baik. Dengannya jika situasi pembelajaran ini telah kondusif maka tidak menutup kemungkinan kegiatan pembelajaran akan berlangsung  dengan baik. Sebaliknya jika suasana kondusif ini tidak didapatkan dalam sebuah kegiatan pembelajaran maka kegiatan pembelajaran yang berlangsung tidak akan berjalan dengan maksimal. Karena itulah pengembangan situasi pembelajaran yang baik ini merupakan sebuah hal yang paling penting untuk diperhatikan dalam sebuah kegiatan pembelajaran.

Demikianlah sedikit ulasan yang dapat saya sampaikan untuk anda sekalian. Semoga beberapa ulasan yang berhasil saya rangkai di atas dapat memberikan banyak manfaat untuk anda.