Area Baca

6/01/2014

Jenis-jenis Perangkat Pembelajaran

Perangkat pembelajaran merupakan sebuah hal yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran, perangkat pembelajaran ini memegang peran penting dalam kelancaran kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Nah karena itulah maka di sini saya akan memberitahukan kepada anda tentang jenis perangkat pembelajaran tersebut. Sebagai berikut.
  1. Rencana Pelaksanaan pembelajaran atau biasa disebut dengan RPP merupakan perangkat pembelajaran yang pertama harus dikuasai oleh seorang tenaga pendidik. Perencanaan pembelajaran merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk mendapatkan sebuah kegiatan pembelajaran yang berkualitas. Dengan perencanaan pembelajaran yang baik maka kegiatan pembelajaran yang akan berlangsung dapat terjadi dengan lebih terarah. Sehingga akan memudahkan untuk tercapainya tujuan pembelajaran.
  2. Buku. Tak bisa untuk kita pungkiri lagi bahwa buku merupakan perangkat pembelajaran yang sangat penting bagi kita semua. Buku ini dapat dijadikan sebagai sebuah pedoman tertulis bagi para tenaga pendidik maupun bagi para peserta didik selama dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga karena di dalam buku terdapat banyak informasi mengenai ilmu pengetahuan tertentu maka akan sangat baik jika setiap peserta didik diarahkan untuk gemar membaca perangkat pembelajaran yang satu ini.
  3. Lembar kerja siswa atau yang biasa dikenal secara luas dengan sebutan LKS. LKS sangat penting untuk digunakan sebagai perangkat pembelajaran. Dalam fungsinya LKS ini dapat disandingkan atau dipasangkan dengan buku. Tujuannya adalah setelah para peserta didik mendapatkan materi pembelajaran dari buku dan dari tenaga pendidik maka melalui LKS ini dapat digunakan sebagai media berlatih. Sehingga materi pembelajaran yang disampaikan pun dapat diterima dengan baik oleh para peserta didik.
  4. Selain hal di atas maka yang selanjutnya adalah evaluasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran ini sangat diperlukan guna meningkatkan mutu dari kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Evaluasi pembelajaran ini memudahkan bagi para tenaga pendidik untuk mengetahui kelemahan dari kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung sehingga mereka dapat memperbaikinya pada kegiatan pembelajaran yang akan datang. Evaluasi pembelajaran ini juga sangat penting dalam penyusunan RPP atau rencana pelaksanaan pembelajaran yang akan datang.
Dan itulah beberapa penjelasan mengenai perangkat pembelajaran yang dapat saya sampaikan pada ulasan ini. Semoga beberapa ulasan di atas dapat memberikan banyak manfaatnya bagi anda sekalian. Sampai jumpa pada ulasan yang selanjutnya!