Area Baca

6/21/2014

Jenis Media Pembelajaran yang Digunakan di Sekolah

Media pembelajaran merupakan sebuah hal yang teramat penting untuk diperhatikan dalam sebuah kegiatan pembelajaran. Hal tersebut terjadi karena kehadiran media pembelajaran ini sangat berpengaruh pada proses terjadinya pembelajaran yang baik bagi para peserta didik. Nah pada ulasan berikut ini saya akan memberikan kepada anda beberapa penjabaran mengenai jenis media pembelajaran yang banyak digunakan di sekolah saat ini. Dengan sedemikian pentingnya informasi berikut yang saya sampaikan, maka akan sangat sayang jika anda lewatkan. Simak ulasan berikut ini dengan seksama.

  • Media Visual. Media Visual merupakan sebuah media pembelajaran yang dalam kegiatan pembelajaran menggantungkan kegiatan pada kinerja mata atau indera penglihatan kita. Media visual ini terdiri dari jua jenis, yakni media visual gerak dan media visual diam. contoh dari media pembelajaran visual diam ini adalah antara lain gambar, poster, dan lain sebagainya. contoh dari media pembelajaran visual diam ini adalah di antaranya gambar-gambar gerak layaknya film tanpa suara dan lain sebagainya.
  • Media audio. Media audio merupakan sebuah media pembelajaran yang dalam kegiatan pembelajaran menggantungkan kegiatan pada kinerja telinga atau indera pendengaran kita. Media audio contohnya adalah radio dan lain sebagainya.
  • Media pembelajaran yang selanjutnya adalah media audio visual. Media ini tidak hanya menampilkan media berupa gambar-gambar saja tetapi juga menggabungkannya dengan suara sehingga lebih interaktif.

Dalam sebuah kegiatan pembelajaran, media pembelajaran ini memiliki peranan yang sangat penting di antaranya adalah sebagi berikut.

  1. Dengan adanya media pembelajaran maka kegiatan belajar mengajar yang berlangsung dapat lebih maksimal. Para peserta didik akan lebih mudah dalam menerima materi pembelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya.
  2. Media pembelajaran yang baik sangat bermanfaat bagi para tenaga pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran yang bersifat abstrak. Pelajaran-pelajaran yang abstrak tersebut akan sangat sulit untuk dipahami tanpa adanya media pembelajaran yang baik.

Dan demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya berikan kepada anda, semoga beberapa ulasan yang saya sampaikan di atas dapat memberikan banyak manfaat untuk menambah pengetahuan yang anda miliki tentang media pembelajaran. Sekian, sampai berjumpa pada ulasan menarik yang akan saya sajikan pada ulasan yang selanjutnya!