Area Baca

6/10/2014

Jenis Sumber Pembelajaran

Sumber pembelajaran merupakan sebuah sumber atau asal dari adanya sebuah pembelajaran atau sebuah kegiatan penyampaian informasi terkait ilmu pengetahuan dari seorang tenaga pendidik kepada peserta didiknya. Sumber pembelajaran ini ada banyak skali namun secara umum berdasarkan sifatnya maka dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis. yang di antaranya akan kita bahas lebih lanjut pada ulasan di bawah ini. Jadi untuk mendapatkan informasinya secara lengkap maka anda harus menyimak ulasan berikut ini dengan seksama.

1. Sumber pembelajaran yang pertama adalah sumber pembelajaran insani atau manusia. Beberapa contoh dari sumber pembelajaran ini adalah sebagai berikut.

  • Keluarga. Keluarga inti yang terdiri dari ayah dan ibu merupakan sumber pembelajaran yang utama bagi seorang individu. Karena keluarga ini merupakan sebuah sumber pembelajaran yang primer atau yang pertama kali dikenali oleh seorang individu karenanya peranannya pun sangat menentukan bagi perkembangan individu itu sendiri.
  • Sekolah. Sekolah merupakan sebuah sumber pembelajaran yang resmi. Di sekolah terdapat tenaga pendidik tenaga pendidik yang senantiasa menjadi sumber pembelajaran bagi para peserta didiknya. Karena hal tersebutlah, sekolah merupakan sebuah elemen penting yang menjadi sumber pembelajaran.
  • Masyarakat. Setiap individu merupakan makhluk sosial yang berhubungan dengan masyarakat. Karena hal tersebut maka masyarakat pun dapat menjadi sumber pembelajaran yang baik bagi setiap individu atau pun sebaliknya.
  • Teman. Teman merupakan sumber pembelajaran yang selanjutnya. Ini karena sedikit banyak serang teman akan memberikan pengaruh bagi perkembangan seorang individu terlebih teman sebaya.

2. Sumber pembelajaran yang kedua adalah sumber pembelajaran non insani atau yang bukan manusia. Sumber pembelajaran ini sering kali kita sebut sebagai media pembelajaran yang di antaranya yang paling populer adalah buku, majalah, surat kabar, media elektronik seperti tv, radio, komputer dan yang terbaru yag paling banyak digunakan saat ini adalah Internet.

Sangat penting bagi setiap individu untuk menyadari akan hadirnya sumber pembelajaran ini. Karena dengan menyadari keberadaannya maka kita akan dapat dengan mudah untuk memaksimalkan sumber pembelajaran ini agar kehidupan menjadi lebih baik.

Dan demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya berikan kepada anda tentang sumber pembelajaran. Semoga beberapa ulasan yang saya sampaikan di atas dapat bermanfaat untuk anda.