Area Baca

6/13/2014

Kelebihan dan Kekurangan Metode Pembelajaran Diskusi

Metode Pembelajaran Diskusi - Dewasa ini kegiatan pembelajaran yang berlangsung di sekolah semakin dikembangkan oleh para pelaku pendidikan. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan sebuah kegiatan pembelajaran yang lebih berkualitas. Salah satu di antaranya yang menarik untuk dikembangkan saat ini adalah metode pembelajaran diskusi. Metode pembelajaran ini memiliki ciri utama dengan menitikberatkan kegiatan pembelajaran dengan proses diskusi yang dilakukan oleh para peserta didik dengan peserta didik lainnya maupun peserta didik dengan tenaga pendidiknya. Sama halnya seperti metode pembelajaran yang lain, pembelajaran ini pun memiliki kelebihan dan kekurangan yang beberapa di antaranya telah berhasil saya rangkum seperti berikut ini.

1. Kelebihan metode pembelajaran diskusi dalam sebuah kegiatan pembelajaran
  • kelebihan pertama metode pembelajaran diskusi ini adalah para peserta didik dapat memahami bahwa setiap permasalahan yang terjadi dapat dipecahkan menggunakan banyak sekali cara. Sehingga hal ini akan dapat mengembangkan pola berpikir seorang peserta didik.
  • yang kedua, metode pembelajaran ini juga memiliki kelebihan dengan memberikan pelatihan kepada para peserta didik untuk lebih aktif dalam memberikan pendapatnya di dalam kelompok. Dengan hal ini juga akan mengajarkan kepada para peserta didik, bahwa setiap anggota memiliki pendapat yang berbeda-beda dan harus saling menghargai satu sama lainnya.
  • Dengan berdiskusi maka seorang peserta didik dapat bekerja sama dengan baik di dalam kelompoknya. Sehingga hal ini merupakan cara yang baik untuk mewujudkan integrasi sosial di antara para peserta didik yang terlibat.
2. Kekurangan metode pembelajaran diskusi dalam sebuah kegiatan pembelajaran.
  • Metode pembelajaran ini hanya dapat efektif jika dilakukan pada kelompok dengan anggota yang terbatas. Jika dipakai dalam kelompok yang besar maka diskusi yang berjalan tidak akan baik dan tidak efektif.
  • Metode pembelajaran ini terkesan formal, sehingga beberapa peserta didik yang tidak menyukainya mungkin akan kesulitan untuk beradaptasi.
  • Metode pembelajaran yang satu ini memungkinkan adanya peserta didik yang lebih dominan dari peserta didik yang lainnya. Jika tidak diarahkan dengan baik hal ini dapat menimbulkan masalah di antara peserta didik di dalam kelompok.
Demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya sampaikan tentangnya, semoga bermanfaat bagi anda sekalian. Sampai berjumpa, pada ulasan menarik yang akan saya sajikan selanjutnya.