Area Baca

6/05/2014

Macam Media Pembelajaran

Media pembelajaran merupakan sebuah alat yang digunakan oleh tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran kepada para peserta didiknya. Saat ini media pembelajaran yang dapat digunakan oleh para tenaga pendidik tersebut sangatlah beragam seiring dengan perkembangan yang terjadi di dunia. Beberapa media pembelajaran yang baik untuk digunakan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.
  1. Buku teks. Buku teks yang berisi materi pembelajaran merupakan media pembelajaran yang telah lama dipergunakan dan hingga saat ini masih tetap digunakan. Ini karena media pembelajaran yang satu ini dinilai efektif dalam memberikan pembelajaran bagi para peserta didik. Fungsi utama dari media pembelajaran yang satu ini adalah sebagai pedoman atau acuan belajar baik bagi para tenaga pendidik dalam menyampaikan materi maupun bagi para peserta didik yang menerima materi pelajaran. Selain itu dengan adanya media pembelajaran buku teks tersebut, seorang peserta didik dapat belajar meski tidak didampingi oleh seorang tenaga pendidik.
  2. Radio dan televisi. Radio merupakan  salah satu media pembelajaran audio yang  akan sangat membantu bagi para peserta didik yang bertipe audio atau yang lebih senang mendengarkan. Di dalam radio terdapat banyak siaran yang mengandung informasi penting yang dapat dijadikan sebagai sebuah media pembelajaran. Sedangkan televisi merupakan salah satu contoh dari media audio visual. Media ini sangat baik digunakan untuk menyampaikan sebuah pembelajaran bagi para peserta didik karena di dalamnya peserta didik dapat melihat dan juga mendengarkan informasi yang berkaitan dengan pembelajaran yang dimaksud oleh tenaga pendidiknya.
  3. Internet. Ini merupakan sebuah media pembelajaran terbaru yang hingga saat ini dapat kita nyatakan sebagai media pembelajaran yang paling lengkap. Namun demikian media ini dapat menjadi sebuah media yang sangat berbahaya untuk para peserta didik jika penggunaan media ini tidak dalam pengawasan yang tepat. Ini karena di dalam internet saat ini terdapat banyak sekali hal negatif khususnya yang berkaitan dengan pornografi.
Dan itulah beberapa macam media pembelajaran yang dapat digunakan oleh seorang tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada para peserta didiknya, seperti aneka media peraga pembelajaran. Dan demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya sampaikan, semoga beberapa ulasan di atas dapat bermanfaat untuk anda sekalian.