Area Baca

6/20/2014

Pendidikan yang cerdas dan berkarakter

Pendidikan yang cerdas dan berkarakter - Pendidikan adalah proses belajar yang akan terjadi selama seumur hidup. Pendidikan sepatutnya dilakukan berdasarkan nilai-nilai yang baik dan ditanamkan terus menerus sehingga tercipta suatu karakter yang baik. Pendidikan merupakan salah satu kunci penting dan mempersiapkan generasi masa depan yang jauh lebih baik. Hal terpenting pada suatu pendidikan bahwa pendidikan tidak hanya dipersiapkan untuk mendapatkan manusia-manusia yang cerdas, namun juga memiliki karakter yang kuat sehingga bisa melihat suatu tantangan menjadi sebuah peluang. Karena hidup di dunia ini penuh dengan persaingan dan tingkat kehidupan yang sangat kompleks, yang dikawtirkan jika seseorang tidak memiliki karakter yang kuat dan kecerdasan dalam berpikir maka orang tersebut akan mudah menyerah sehingga  mental yang terbentuk tidak akan memiliki fondasi jika dikembangkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kecerdasan emosi juga sangat diperlukan bagi generasi muda penerus bangsa Indonesia, karena Indonesia merupakan Negara yang tingkat kemajemukannya cukup tinggi serta mempunyai kearifan local yang sangat kental dan kompleks sehingga kerjenihan saat berpikir dalam mengambil sebuah keputusan sangat penting guna menjaga dan mengamalkan semboyan Bhineka Tunggal Ika. Sungguh sangat ironis pada masa sekarang ini dimana para pemuda atau generasi muda lebih sering melakukan aksi anarki atau kekerasan yang berupa tawuran. Selain itu banyak juga para generasi muda yang bergabung pada kelompok-kelompok tertentu dan mendiskreditkan kelompok minoritas.

Jika hal tersebut terus dilakukan tanpa adanya pencegahan, maka lambat laut akan menyebabkan menurunnya tingkat moral bermasyarakat yang menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika dan negara pun akan kehilangan keseimbangan dalam penyempurnaan target pendidikan yang ada. Selayaknya para generasi muda diajarkan bagaimana hidup bertoleransi dalam kehidupan bermasyarakat, apalagi hidup dinegara yang homogen  yang seharusnya setiap perbedaan yang ada merupakan salah satu warisan budaya yang patut diselamatkan.

Fondasi untuk membentuk karakter generasi muda bisa dimulai dari keluarga. Selain itu harus dimulai pada usia sedini mungkin. Karena pada saat anak berusia 0-5tahun, merupakan masa emas sang anak dimana ia belajar apapun dari lingkungan sekitar, termasuk orang tua. Dan usia 5-8 tahun adalah usia dimana karakter seseorang mulai dibentuk dengan pendidikan yang ada.