Area Baca

7/10/2014

Memahami Alur Pendidikan dari Negeri Paman Sam

Berbicara mengenai pendidikan memang tidak akan pernah ada habisnya. Pendidikan seseorang bisa dikatakan sukses jika dia berhasil melakukan pembaruan dari Negeri Paman Sam
Berbicara mengenai pendidikan memang tidak akan pernah ada habisnya. Pendidikan seseorang bisa dikatakan sukses jika dia berhasil melakukan pembaruan dalam kehidupannya. Di  Amerika atau yang juga disebut negeri Paman Sam, memiliki masyarakat dengan pandangan yang sangat modern mengenai pentingnya suatu pendidikan. Amerika yang juga terkenal sebagi negeri Imigran, merupakan negeri  dengan penduduk yang sebagian pendatang dari seluruh Negara  di dunia. Namun hal ini tidak membuat pemerintah membedakan tingkat pendidikan baik bagi warga local atau pun pendatang, dimata pemerintah pentingnya suatu pendidikan adalah sama dan semuanya dilakukan sama rata sesuai dengan hak setiap warga guna mendapatkan kesejahteraan social baik secara lahir maupun batin.

Di Amerika ada persepsi bahwa pendidikan merupakan tugas  keluarga dan masyarakat, karenanya warga Amerika tidak ingin pendidikan diatur secara langsung oleh pemerintah.  Masyarakat berhak menentukan pendidikan seperti apa yang cocok bagi mereka, sehingga pendidikan yang diberikan pun akan berbeda-beda di setiap wilayah yang ada. Mereka beranggapan setiap masyarakat memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dan untuk pendidikan pun harus jelas pada dasar dan tujuannya.

Sekolah-sekolah yang ada di Amerika akan diatur oleh Komite Sekolah, yang mana peran mereka adalah mengatur anggaran sekolah serta memilih Super Intendant, yang nantinya memiliki fungsi untuk melaksanakan pengelolaan pendidikan dan melaporkannya ke Komite Sekolah, selain itu komite sekolah juga berfungsi mempersiapkan kurikulum yang akan diberikan dan melaporkan hasil pendidikan ke masyarakat luas. Sementara itu, sekolah sendiri pada pengoperasiannya akan diatur oleh Principals atau kepala sekolah, yang mana memiliki tugas memilih guru pendidik, menjalankan kurikulum yang sudah dibuat dan melaporkan hasilnya ke Super Intendant.  Dan tugas guru pendidik sendiri  adalah melakukan pengajaran, mempersiapkan draft kurikulum, membuat buku namun tidak berhak untuk mengkomersilkannya serta melaporkan semua kegiatan belajar mengajar kepada kepala sekolah.

Di Amerika, program pendidikan sudah lama menjadi tujuan utama pemerintah. Hal itu terlihat dengan digratiskannya biaya pendidikan yang dimulai dari TK hingga tamat SMA.