Area Baca

7/01/2014

Membaca Cepat


Membaca cepat merupakan suatu kecakapan dalam membaca dan memahami beberapa teks yang disajikan dalam level tinggi. Paling umum seseorang dapat membaca kurang lebih tiga ratus kata setiap menitnya, dan ini biasanya dilakukan oleh para siswa yang sudah berada di bangku sekolah tinggi, untuk seseorang yang benar-benar dapat membaca secara cepat bisa lebih dari seribu kata setiap menitnya. Untuk pengukuran dalam membaca dengan penghitungan yang cepat dapat dikatakan bahwa dengan memiliki kemampuan dalam membaca yang cepat, maka dapat menggabungkannya dengan seberapa informasi yang dapat dipahami oleh sang pembaca. Jika semakin cepat ia membaca, maka semakin tinggi pula pemahaman yang ada dialam pikirannya. Dan lebih hebatnya lagi, orang-orang yang dapat membaca dengan cepat juga bisa memperbaiki pemahamannya. Jadi dapat berada disituasi yang berbeda-beda namun tetap memiliki kualitas pemahaman yang tinggi.
Membaca cepat juga memiliki beberapa faktor yang memungkinkan seseorang tidak dapat memiliki kecepatan dalam membaca, diantaranya ialah tidak memiliki banyak kosakata. Jika ingin berbicara secara cepat didepan umum tanpa teks, harus memiliki banyak kata-kata yang hampir sama atau sinonim dari kata yang diucapkan. Atau lebih baik memiliki beberapa kata baru yang sudah disesuaikan dengan umum. Selanjutnya membaca kata-kata yang sama dengan sebelumnya secara berulang. Jika sedang membaca, maka sebaiknya lihatlah dan ingat kata terakhir dalam satu baris, agar baris selanjutnya tidak terbaca kembali. Jika masih salah, sebaiknya dilatih dengan menggunakan jari untuk menentukan batas terakhir ketika membaca. Untuk penghambat dalam kecepatan berbicara, juga dapat terjadi karena melafalkan beberapa kata yang ada didalam pikiran pada saat sedang membaca. Selain itu pengaruh dari gerakan mata juga sangat menentukan apakah dapat melihat tulisan dengan cepat atau persepsi yang lambat.
Untuk dapat membaca cepat, ada beberapa langkah-langkah yang bisa dipraktekkan agar lancar dalam membaca, seperti memperbanyak latihan membaca dengan teratur. Membaca disini dapat bersuara ataupun diam saja, namun pada intinya tetap berusaha untuk membaca dalam jumlah kata banyak, dan coba dengan melihat berapakah lama waktu dalam membaca. Selanjutnya memilih materi yang paling mudah untuk proses membaca, bisa dengan majalah ataupun novel. Cara terakhir jika gerakan mata masih kurang dalam membaca, dapat menggunakan pointer untuk membantu sementara ketika sedang membaca.