Area Baca

7/23/2014

Mengenal Metode Pembelajaran Ceramah

Metode pembelajaran ceramah merupakan metode pembelajaran yang banyak digunakan saat ini. Apakah itu metode pembelajaran ceramah? Bagi anda yang ingin mendapatkan informasi tentangnya secara lengkap maka ada baiknya jika anda membaca beberapa ulasan berikut ini dengan seksama.

Pembelajaran ceramah merupakan sebuah kegiatan pembelajaran secara langsung atau biasa disebut juga metode pembelajaran konvensional atau umum. Metode pembelajaran ini memiliki ciri utama yakni seorang tenaga pendidik memberikan materi pembelajaran melalui penerangan dan penjelasan langsung kepada para peserta didiknya. Hal ini dapat kita lihat pada banyak situasi pembelajaran di Indonesia, khususnya pada pembelajaran di tingkat dasar hingga menengah.

Dapat kita katakan bahwa metode pembelajaran seperti ini adalah metode pembelajaran yang banyak digunakan oleh tenaga pendidik kita dan telah lama digunakan. Pastinya ada banyak alasan tertentu mengapa metode pembelajaran seperti ini masih tetap digunakan. Alasan-alasan tentang kelebihan dari metode pembelajaran ini antara lain adalah sebagai berikut.
  1. Alasan pertama adalah karena dengan menggunakan metode pembelajaran ini mudah dilakukan oleh tenaga pendidik.
  2. Para peserta didik dapat memperoleh pembelajaran secara langsung.
  3. Karena kegiatan pembelajaran disampaikan secara lisan, maka dapat dilakukan di berbagai tempat dan tidak memerlukan banyak biaya untuk keperluan media pembelajaran.
Meski banyak yang mengatakan bahwa media pembelajaran ini lumayan efektif digunakan oleh tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didiknya. Namun, nyatanya banyak di antara para pengembang pendidikan yang menilai bahwa kegiatan pembelajaran dengan metode pembelajaran ini kurang efektif. Hal  tersebut lantaran berbagai alasan sebagai berikut.
  1. Alasan pertama adalah karena metode ini menggunakan teacher center atau tenaga pendidik sebagai pusat pembelajaran sehingga dengannya membuat para tenaga pendidik yang lebih aktif daripada peserta didiknya.
  2. Pemahaman yang dimiliki oleh peserta didik berbeda-beda karena para peserta didik pada dasarnya memiliki tipikal yang berbeda. Ada yang bertipe visual, audio dan juga ada yang kinestetik.
  3. Metode pembelajaran ini juga dapat menurunkan tingkat keinginan belajar para peserta didik karena bosan.
Demikian yang dapat saya sajikan pada anda kali ini. Semoga dengannya memberikan banyak manfaat bagi anda sekalian.