Area Baca

8/25/2014

Contoh Bab I Makalah Pembelajaran Inovatif

Berikut ini saya akan memberikan contoh tentang bab I makalah pembelajaran inovatif.

A. Latar Belakang
Indonesia adalah negara yang besar. Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah yang membentang dari aceh hingga papua. Dengan kekayaan alam yang sangat banyak yang menopang sendi-sendi kehidupan masyarakatnya. Melihat hal tersebut harusnya negara ini mampu menjadi sebuah negara yang terbesar di dunia. Namun, nyatanya saat ini justru masih terpuruk dan tertinggal. Bukan hanya dalam lingkup dunia saja, bahkan dalam lingkup regional asia pun Indonesia masih sangat tertinggal. Mengapa hal ini bisa terjadi? Salah satu penyebab utamanya adalah karena kurangnya kualitas sumber daya manusia yang dimiliki oleh Indonesia.

Membicarakan tentang masalah SDM. Maka sebenarnya negara ini memiliki kuantitas yang sangat besar untuk menjadi negara mampu. Hanya saja diperlukan sebuah usaha keras untuk menjadikan jumlah penduduk terbanyak nomor empat di dunia itu menjadi tenaga kerja yang andal dan professional sehingga bisa membangun negeri. Salah satu caranya adalah dengan segera membuat sebuah model pembelajaran yang inovatif.

Mengapa model pembelajaran inovatif ini diperlukan? Hal tersebut berlatarbelakang dari kehidupan masyarakat kita selama ini. Dapat kita ketahui bersama bahwa pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam mempengaruhi pola pikir yang dimiliki oleh masyarakat dan juga hal lain yang berhubungan dengan tata kehidupannya. Sehingga dengan adanya pendidikan yang baik dan efektif maka hal tersebut akan berpeluang besar untuk memperbaiki tatanan kehidupan bangsa ini. Nah di sini model pembelajaran inovatif memiliki fungsi dalam mengembangkan pendidikan sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas bangsa.

A. rumusan masalah.
Rumusan masalah yang diangkat pada makalah ini antara lain adalah.
1. Bagaimanakah keadaan pendidikan di Indonesia saat ini?
2. Bagaimanakah kriteria model pembelajaran inovatif?
3. Upaya apa yang dapat dilakukan untuk membuat pembelajaran inovatif?
B. Tujuan 
1. Memahami keadaan pendidikan di Indonesia;
2. memahami kriteria model pembelajaran inovatif; dan
3. mengetahui upaya mengembangkan model pembelajaran inovatif.

Demikianlah yang dapat saya berikan kepada anda sekalian mengenai contoh bab I makalah pembelajaran inovatif di atas. Semoga contoh di atas dapat memberikan banyak manfaatnya bagi anda sekalian. Sampai jumpa di ulasan menarik yang selanjutnya!