Area Baca

8/23/2014

Definisi Perencanaan Pembelajaran

Definisi Perencanaan Pembelajaran - Pada kesempatan yang menarik ini saya akan mengajak anda sekalian untuk membicarakan sebuah perbincangan yang menarik mengenai kegiatan pembelajaran. Khususnya mengenai perencanaan pembelajaran. Apa sih yang disebut dengan perencanaan pembelajaran ini dan apa pula pentingnya dalam sebuah kegiatan pembelajaran? Sebaiknya anda menyisakan waktu luang yang anda miliki untuk membaca ulasan berikut ini dengan seksama karena saya akan mengulas banyak hal menarik tentangnya di sini. Selamat membaca.

Apa itu perencanaan pembelajaran? Perencanaan pembelajaran adalah sebuah kegiatan merencanakan pembelajaran yang dilakukan oleh tenaga pendidik sebelum memberikan materi pembelajaran kepada para peserta didiknya. Perencanaan pembelajaran ini memiliki beberapa peranan penting dalam keberhasilan sebuah kegiatan pembelajaran. Di antaranya beberapa peranan penting tersebut antara lain akan saya uraikan pada ulasan berikut.

  1. Sebagai dasar dari kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Ketika menyusun sebuah rencana kegiatan pembelajaran maka tenaga pendidik akan menyiapkan banyak hal mulai dari strategi pembelajaran yang akan digunakan, materi pembelajaran yang akan diberikan dan lain sebagainya. Dengan adanya perencanaan yang semacam ini maka kegiatan pembelajaran akan dapat diketahui keefektifannya jika digunakan nanti.
  2. Sebagai alur dari kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Dengan adanya rencana kegiatan pembelajaran yang matang maka tenaga pendidik akan lebih mudah saat memberikan pembelajaran kepada para peserta didiknya. Hal tersebut karena segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran telah tersusun dan terencana dengan jelas dan sistematis.
  3. Sebagai bahan evaluasi. Sebuah kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung diperlukan sebuah evaluasi atau koreksi di akhir kegiatan pembelajaran. Hal ini akan dapat diketahui dengan udah jika seorang tenaga pendidik telah memiliki perencanaan pembelajaran yang jelas.
  4. Sebagai langkah untuk menentukan kegiatan pembelajaran di tahun ajaran yang akan datang. Setelah melakukan evaluasi maka seorang tenaga pendidik akan mengetahui kekurangan dan kelebihan dari kegiatan pembelajaran yang telah direncanakan. Sehingga dengan hal tersebut tentunya akan dapat diperbaiki pada perencanaan pembelajaran untuk tahun ajaran yang selanjutnya. Dan karenanya kegiatan pembelajaran pun akan semakin berkembang.

Demikian tadi beberapa hal yang dapat saya sampaikan mengenai perencanaan pembelajaran di atas. Semoga dengannya beberapa ulasan yang saya sajikan tentangnya dapat memberikan banyak manfaat untuk anda sekalian. Sampai jumpa di pertemuan menarik yang berikutnya!