Area Baca

8/17/2014

Media Pembelajaran TK

Media pembelajaran TK sama seperti dengan media pembelajaran lainnya. Cuma bedanya hanya penggunaan media dan cara belajarnya harus lebih mengasyikkan dan membuat murid lebih nyaman dalam belajar. Pengertian media pembelajaran itu sendiri adalah suatu hal yang dipergunakan untuk membantu menyalurkan informasi dari si pengirim ke penerimanya. Sehingga akan membuat siswa menjadi lebih peka dalam berpikir, merasakan, dan bisa lebih mengutamakan minat serta perhatiannya dalam proses pembelajaran yang terjadi. Untuk anak usia dini, diperlukan cara yang berbeda dalam proses belajar, karena sang anak membutuhkan cara berpikir konkrit agar bisa menerima pembelajaran tersebut.

Prinsip media pembelajaran TK menggunakan suatu realita yang sebenarnya terjadi, sehingga sang anak dapat mempelajari dengan hal yang nyata. Dan tentunya dalam proses belajarnya menggunakan media yang nyata. Anak usia dini selalu aktif dalam setiap situasi, tidak heran jika banyak guru yang akhirnya tidak kuat untuk mengajar kepada anak tersebut. Aktifnya seorang anak memang terjadi pada saat usia di bawah lima tahun hingga kelas enam SD. Dan akan berakhir ketika lulus sekolah menengah.

Manfaat yang didapatkan jika menggunakan media didalam pembelajaran adalah sang murid akan mendapatkan informasi yang jelas dan nyata, karena lebih kepada benda dan bukan kata-kata saja yang disampaikan. Kemudian akan meningkatkan keaktifan seorang siswa divdalam proses belajar, contohnya anak tersebut dapat menjawab pertanyaan dengan tegas dan berani untuk tampil di depan kelas. Hal yang paling penting dalam penggunaan media adalah, menjadikan siswa lebih berinteaksi langsung dengan lingkungan atau siswa lainnya, jadi akan lebih sosial dalam pergaulan. Dan terakhir akan membuat sang anak lebih gairah dalam belajar.

Keterampilan dan kecerdasan anak dapat disalurkan dengan baik jika diarahkan dengan baik pula. Contoh media pembelajaran TK adalah menggambar sesuatu yang ia sukai dan jika sudah selesai akan diberi nilai. Media yang digunakan bisa menggunakan keadalan alam, atau lingkungan sekitar. Contoh lainnya dengan selalu mengajarkan murid menggunakan nyanyian. Selain dapat diserap dengan cepat, nyanyian akan membuat suasana kelas lebih nyaman dan senang, anak-anak tidak akan bosan untuk belajar.